alexametrics

KA Bandara Punya Rute Baru, Okupansi Railink Diprediksi jadi 60 Persen

5 Oktober 2019, 20:00:07 WIB

JawaPos.com – Kereta Api (KA) Bandara untuk rute Stasiun Manggarai-Bandara Internasional Soekarno-Hatta resmi beroperasi. Peresmian rute baru ini dipimpin langsung Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Sabtu (5/10) sore.

KA Bandara rute Stasiun Manggarai-Bandara Internasional Soekarno-Hatta beroperasi 34 perjalanan per hari, mulai pukul 05.10 WIB. KA ini dioperasikan PT Railink.

“Ini salah satu servis yang bagus dari Railink. Perjalanan Stasiun Manggarai ke bandara kurang dari 1 jam,” kata Budi Karya kepada wartawan di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan.

Mantan Dirut PT Jakarta Propertindo (Jakpro) ini optimistis rute ini akan laris manis. Apalagi Stasiun Manggarai merupakan stasiun transit Kereta Rel Listrik (KRL) atau Commutter Liner relasi Bekasi, Cikarang, Depok, dan Bogor.

Menhub Budi Karya Sumadi melihat maket kereta bandara Railink. (Abdul Rozaj/JawaPos.com)

Dengan tambahan rute ini, okupansi KA Bandara Railink diprediksi menjadi 60 persen, bahkan lebih. Saat ini KA Bandara beroperasi dengan 68 perjalanan dan mengangkut kurang lebih 4.700 penumpang perhari.

“Kami harapkan 50 persen okupansi KA Bandara Railink naik. Bisa ditingkatkan ke 60 persen,” pungkas Budi Karya.

Direktur Utama PT Railink, Mukti Jauhari optimistis rute Stasiun Manggarai-Bandara Internasional Soekarno Hatta berdampak positif meningkatan jumlah penumpang harian. “Kami sepakat dengan target 50 persen peningkatan okupansi penumpang dengan rute ini. Apalagi jika nanti semua selesai bisa nambah lagi,” pungkas Mukti.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Abdul Rozak



Close Ads