Kabar Gembira, Tol KLBM dan Tol Sumo Sudah Nyambung, Dibuka Bulan Ini

4 Desember 2022, 21:12:48 WIB

JawaPos.com– Kabar baik. Tol KLBM (Krian, Legundi, Bunder, Manyar) Gresik sudah terhubung dengan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Proyek pembangunan ramp untuk menghubungkan jalan berbayar itu sudah rampung. Jika tidak ada kendala, jalur itu akan dibuka Desember ini. Sekaligus mendukung mobilitas menyambut arus Natal dan Tahun Baru (Nataru).

PT Waskita Bumi Wira (WBW) pun terus melakukan persiapan sebelum opening koneksitas Tol KLBM dan Tol Sumo tersebut. Termasuk menanam pohon di sepanjang tol dari mulai Krian hingga Gresik. Sabtu (3/12), sebanyak 5 ribu pohon telah ditanam. Penghijauan itu bertepatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77.

Penghijauan itu dipimpin langsung Direktur Utama PT WBW Moch Cholis. Aksi tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada bumi. “Nanti secara bertahap penanaman pohon ini akan terus bertambah. Ini merupakan penanaman kedua di tol KLBM,” ujarnya.

Dia menambahkan, penanaman pohon tersebut juga bagian dari menyambut pembukaan ramp penghubung Tol KLBM ke Tol Sumo. Saat ini, proses konstruksi ramp 2 dan 8 yang menghubungkan wilayah Gresik-Mojokerto serta ramp 4 dan 5 yang memghubungkan Gresik-Surabaya sudah selesai. Pihaknya tinggal menunggu proses sertifikasi layak operasi (SLO).

Junction pun juga sudah selesai dikerjakan. Namun, saat ini akses masih ditutup road barier. Sebab, jalur tersebut belum dibuka. Cholis menyatakan, rencananya pembukaan dilakukan bulan ini. “Kami berharap bisa segera mengoperasikannya, sekaligus men-support Nataru sehingga sebelum 25 Desember sudah dibuka,” ungkapnya.

Empat ramp tersebut yang sudah tuntas dibangun itu akan dibuka bersamaan. “Semua sudah siap, tinggal SLO itu saja,” lanjut Cholis.

Sebelum dibangun ramp, para pengendara dari arah Gresik yang melewati Tol KLBM tidak bisa langsung masuk ke Tol Sumo. Begitupun sebaliknya. Namun ketika ramp ini sudah dibuka, akses dari Tol KLBM menuju tol Sumo pun bisa terkoneksi. Dengan demikian, arus transportasi lebih efektif dan efisien.

Tol KLBM memiliki panjang 38,39 kilometer dari daerah Krian, Sidoarjo hingga Manyar, Gresik. PT Waskita Toll Road (WTR) selaku pengelola melalui anak usahanya PT WBW Tol KLBM menjadi empat seksi. Seksi 1, ruas Krian-Kedamean dengan panjang 9,77 kilometer (km); Seksi 2, ruas Kedamean Menganti-Boboh (8,83 km); Seksi 3, ruas Boboh-Bunder (10,40 km), dan  Untuk seksi 4, ruas Bunder-Manyar (9,40 km), masih dalam proses pembangunan.

Adapun tarifnya, untuk golongan 1 dari Bunder ke gate Cerme Rp 9.000, Bunder ke Belahanrejo-Kedamean Rp 29.000, dan Bunder ke Lebani-Wringianom Rp 43.500. Sejauh ini, arus Tol KLBM masih relaitf sepi. Namun, serelah terkoneksi dengan Tol Sumo kemungkinan besar akan lebih ramai.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : Galih Wicaksono

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads