alexametrics

Utang Rp54 Triliun, Waskita Karya Jual Becakayu dan Sejumlah Tol Lain

4 November 2021, 13:33:50 WIB

JawaPos.com – Perusahaan konstruksi BUMN PT Waskita Karya (Persero) Tbk tengah melakukan penyehatan keuangan dan optimistis mencapai kinerja positif dari core business pada 2023. Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono menyebut, perseroan masih akan menjual ruas tol hingga 2025.

Menurutnya, hal ini dilakukan dalam rangka mengurangi utang perseroan yang mencapai Rp53 triliun hingga Rp54 triliun. Alasan penjualan dilakukan hingga 2025 mendatang karena sebagian dari ruas tol itu belum rampung.

“Lebih enak bicara dengan investor kalau ruas tolnya sudah selesai sehingga kelihatan berapa traffic-nya, akan lebih enak dalam proses negosiasi,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (4/11).

Destiawan menyebut, adapun tol yang akan rampung tahun depan salah satunya adalah sebagian ruas Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Bahkan, harapannya dapat selesai pada akhir tahun ini sehingga tahun 2022 sudah dapat beroperasi.

“Sehingga awal tahun sudah akan operation kecuali seksi 2B dari Bekasi Barat ke Tambun ini akan masih dalam proses. Prosesnya tentunya akan dilakanakan di tahun depan,” tuturnya.

Dia melanjutkan, Tol Kayuagung-Palembang-Betung juga akan dilepas pada 2023 mendatang. Pembangunan tol tersebut akan selesai pada pertengahan tahun itu.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads