alexametrics

Jarak Abrasi ke Pagar Bandara Jogja Cuma 300 Meter

3 November 2021, 21:46:37 WIB

JawaPos.com – Abrasi menggerus jalan di belakang Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Abrasi di Pantai Glagah, Kulon Progo, tersebut disebabkan tidak normalnya perpindahan pasir dan kurangnya suplai pasir dari sungai.

Diduga, itu disebabkan aktivitas penambangan pasir yang merajalela. Pantauan Jawa Pos, abrasi tersebut membuat jalan yang berada di belakang Bandara YIA menyempit.

Abrasi terjadi hampir sepanjang 30 meter. Terlihat juga garis polisi di sepanjang area pantai yang mengalami abrasi. Dari arah pantai telah terlihat fondasi jalanan tersebut.

Jarak antara abrasi itu dan pagar besi bandara hanya sekitar 300 meter. Di balik pagar tersebut, terdapat runway bandara yang setiap saat digunakan untuk lalu-lalang pesawat. Sempat terlihat sebuah pesawat yang melaju pelan dari area terjadinya abrasi.

Direktur Eksekutif Walhi Jogjakarta Halik Sandera menuturkan, abrasi di pantai selatan, termasuk yang di belakang Bandara YIA, itu sudah terjadi dari tahun ke tahun. Secara umum, abrasi disebabkan tidak normalnya perpindahan pasir dari arus timur ke barat dan sebaliknya. ’’Suplai pasir dari hulu melalui sungai juga berkurang,’’ terangnya.

Penyebab pasir berkurang bisa jadi adalah masifnya penambangan pasir di sungai dan pesisir selatan. Penambangan pasir merupakan salah satu faktor yang mempercepat abrasi. ’’Bisa juga karena pasir terganggu bangunan pemecah ombak,’’ terangnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : idr/c7/ttg




Close Ads