alexametrics

Dua Ruas Tol Rampung saat Lebaran

3 Maret 2020, 16:47:11 WIB

JawaPos.com – Dua ruas jalan tol baru bakal diresmikan pada pertengahan 2020. Tol itu akan mendukung pelayanan mudik Lebaran. Dua ruas tersebut adalah Manado–Bitung dan Dumai–Pekanbaru.

Memiliki panjang total 26 km, tol Mabit (Manado–Bitung) ditargetkan beroperasi pada April 2020. ”Saya harap April 2020 ini tol Mabit bisa beroperasi sepanjang 26 km dari Manado hingga Danowudu,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Tol Mabit akan menyambungkan pelabuhan dan KEK Bitung, Tanjung Pulisan–Likupang. Tol juga akan mendukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Manado–Bitung–Likupang, termasuk akses ke Pulau Lembeh.

Tol Mabit terdiri atas dua seksi. Seksi 1 meliputi Ring Road Manado–Sukur–Airmadidi sepanjang 14 km yang dikerjakan Kementerian PUPR. ”Saat ini secara keseluruhan pembebasan lahan telah mencapai 98,56 persen dan pembangunan fisik mencapai 81 persen,” jelas Basuki. Kehadiran tol itu akan memangkas waktu tempuh Manado ke Bitung dan sebaliknya dari saat ini sekitar 90 menit menjadi hanya 30 menit. Selain itu, dapat mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas di jalan arteri yang mulai mengalami kepadatan arus kendaraan.

Sementara itu, tol Pekanbaru–Dumai juga ditargetkan selesai dan siap dioperasikan pada akhir April 2020. Saat ini progres konstruksi telah mencapai 87,74 persen. Normalnya, waktu tempuh Pekanbaru hingga Dumai 4 hingga 5 jam. Lewat tol itu, waktu akan terpangkas 1,5 hingga 2 jam. Basuki mengungkapkan, tol sepanjang 131 kilometer tersebut akan meningkatkan konektivitas Kota Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis. ”Tol ini akan memperpendek jarak tempuh Pekanbaru–Dumai menjadi 131 kilometer, kalau melalui jalan nasional jaraknya 200 kilometer,” ujarnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/c10/oni



Close Ads