Jadi Kawasan Terintegrasi, ASDP Kebut Proyek Bakauheni Harbour City

2 Desember 2022, 14:17:24 WIB

JawaPos.com — Provinsi Lampung dalam waktu dekat bakal memiliki ikon pariwisata baru dengan tuntasnya pembangunan Bakauheni Harbour City (BHC). Kawasan terintegrasi di pesisir Pulau Sumatera yang dikembangkan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) diharapkan menjadi salah satu penggerak perekonomian di Lampung.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengungkapkan bahwa pengembangan proyek BHC difokuskan pada renovasi area Menara Siger yang telah mencapai progres pembangunan fisiknya 52 persen dan Krakatau Park sebesar 50 persen.

“Untuk Krakatau Park sendiri ditargetkan beroperasi pada April 2023,” ujar Ira saat menerima konjungan Menteri BUMN Erick Thohir di Lampung, Kamis (1/12).

Pada pengembangan Distrik 1 juga telah selesai dibangun proyek Selasar Siger Bank BTN yang merupakan bantuan Program TJSL BTN bagi pelaku UKM dan komunitas masyarakat Lampung melalui Pemprov Lampung. Di lokasi ini terdapat area terbuka yang digunakan untuk tempat berkumpulatau pentas seni serta penyambutan oleh masyarakat Lampung, termasuk tempat beraktifitas outdoor seperti berolahraga.

“Selain itu, juga terdapat Plaza UMKM, area untuk tempat pelatihan dan pameran dengan konsep area terbuka namun dilengkapi fasilitas tenda permanen dan tempat duduk portable,” ujar Ira.

Ira mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan percepatan proyek BHC ini sebagai upaya memperkuat transformasi bisnis inti perusahaan. ASDP berperan sebagai active player yang berkontribusi tidak hanya menyediakan akses transportasi, tetapi juga penyedia waterfront property dimana ASDP mulai membangun properti mendukung destinasi pariwisata.

Proyek pertama yang dikembangkan ASDP adalah pembangunan Kawasan Marina Labuan Bajo di NTT, yang selanjutnya disusul dengan pembangunan Bakauheni Harbour City.

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi pengembangan Bakauheni Harbour City (BHC) yang akan menjadi kawasan terintegrasi sebagai ikon pariwisata di Lampung.

“Alhamdullilah, target pekerjaan masih on schedule. Harapan bersama, BHC akan menjadi destinasi pariwisata andalan masyarakat Indonesia. Tidak hanya menjadi mercusuar peradaban, tetapi juga penggerak perekonomian masyarakat Lampung,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah terus menjaga pertumbuhan ekonomi negeri pascapandemi dengan tetap memastikan keberlanjutan investasi proyek pembangunan infrastruktur di Tanah Air, termasuk sektor pariwisata.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads