alexametrics

Tol Singosari–Pakis Resmi Dibuka: Sekarang Gratis, Minggu Depan Bayar

2 November 2019, 09:57:14 WIB

JawaPos.com – Warga Surabaya kini bisa lebih cepat ketika pergi ke Malang wilayah timur. Sebab, jalan tol seksi IV yang membentang sepanjang 4,75 kilometer dari Singosari hingga Pakis dibuka untuk umum kemarin (1/11). Tarif gratis diberlakukan selama tujuh hari. Pemilik kendaraan bakal dikenai tarif mulai 7 November 2019.

Kepala Humas PT Jasa Marga Pandaan Malang (JPM) Agus Tri Antyo menyatakan, besaran tarif sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 1027/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Pandaan Malang.

Dia menjelaskan, sertifikat laik operasi (SLO) dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR sudah terbit pada 16 Oktober lalu.

Nanti, pengendara dari Surabaya bisa langsung menuju Malang Timur dengan tarif Rp 57.500. Tarif sebesar itu diasumsikan masuk tol dari Waru (Sidoarjo), melewati tol Surabaya–Gempol, Gempol–Pandaan, sampai Pandaan–Malang. Sebelumnya, tarif dari Surabaya (Waru) menuju Pandaan sekitar Rp 24.000 untuk golongan I. Kini ditambah Rp 33.500 dari Pandaan menuju Pakis.

Agus menyampaikan, tarif gratis selama seminggu tersebut merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat. Meski demikian, kata dia, pengendara perlu memahami bahwa hanya seksi IV yang dibebaskan dari tarif. Pengguna jalan dari Pandaan yang keluar di ujung seksi IV, yakni gerbang tol (GT) Pakis, harus tetap membayar. ’’Tapi, tarifnya dihitung dari Pandaan ke Singosari saja,’’ jelasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/c5/oni



Close Ads