alexametrics

Jalur Ganda Jombang–Solo Tersambung, Perjalanan KA Bertambah

Relasi Sejumlah KA Berubah
1 Desember 2019, 12:38:57 WIB

JawaPos.com – Jalur ganda kereta api (KA) Jombang–Madiun–Solo sejauh 180 kilometer akhirnya beroperasi. Penambahan sarana tersebut dapat mendukung angkutan KA saat libur Natal dan tahun baru via jalur lintas selatan Jawa.

Operasi itu menyusul rampungnya pembangunan jalur ganda KA antara Kedungbanteng–Madiun sepanjang 5,7 kilometer spoor (km’sp). Kemarin (30/11) PT Kereta Api Indonesia (KAI) sukses melakukan switch over (SO) antara Stasiun Geneng dan Stasiun Kedungbanteng. SO tersebut menghubungkan Stasiun Geneng, Stasiun Paron/Ngawi, Stasiun Kedunggalar, dan Stasiun Walikukun.

SO dimulai pukul 05.07 hingga selesai 08.10 WIB kemarin saat window time atau tidak ada kereta yang melintas. Dengan demikian mengurangi dampak terhadap operasi kereta api.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri menjelaskan, pembangunan jalur ganda KA lintas selatan itu termasuk proyek strategis nasional (PSN). Pembangunannya terbagi menjadi tiga bagian: Kedungbanteng–Madiun (57 km’sp), Madiun–Jombang (84 km’sp), dan Jombang–Mojokerto (24 km’sp).

Ruas Madiun–Jombang selesai Oktober lalu dan sudah dioperasikan. Sedangkan untuk ruas Jombang–Mojokerto, baru dimulai pembangunannya. ”Jadi, jalur ganda lintas selatan Jawa secara parsial dapat beroperasi, baik ke arah timur maupun ke arah barat,” ujar Zulfikri.

Dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019 yang diterbitkan Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan akan beroperasi mulai 1 Desember 2019, jalur ganda tersebut sudah diakomodasi. Dengan demikian, PT KAI (Persero) bisa menambah frekuensi perjalanan KA dan sarana perkeretaapian.

”Selesainya pembangunan jalur ganda akan bisa mendorong perekonomian masyarakat karena frekuensi perjalanan kereta api bisa ditambah. Waktu tempuh bisa semakin cepat dan pada akhirnya pelayanan penumpang secara masal berbasis kereta api menjadi semakin baik,” papar Zulfikri.

Sebelumnya Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menyatakan bahwa per hari ini (1/12) PT KAI akan memberlakukan Gapeka 2019. Penggunaan Gapeka baru berdampak pada perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan KA, perubahan waktu tempuh, dan perubahan relasi KA. Juga ada perubahan nama beberapa stasiun.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : lyn/c9/fal



Close Ads