JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ketahui 2 Jenis Stroke, Penyakit yang Merenggut Nyawa Robby Tumewu

14 Januari 2019, 17:10:59 WIB
robby tumewu, rombby tumewu meninggal, penyakit robby tumewu,
Robby Tumewu mengawal karir di dunia hiburan dengan bergabung di Teater Koma, hingga akhirnya gabung di Lenong Rumpi. (Instagram/becktum)
Share this

JawaPos.com - Artis dan perancang busana Robby Tumewu tutup usia akibat penyakit stroke yang sudah lama dideritanya. Robby Tumewu diketahui sudah mengalami sakit stroke sejak 2013 lalu. Stroke yang dialami almarhum adalah perdarahan di otak. Sebetulnya ada berapa jenis stroke yang bisa mengancam nyawa seseorang?

Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional dr. Mursyid Bustami, SpS (K), KIC, MARS, menjelaskan stroke secara garis besar digolongkan menjadi dua. Di antaranya stroke hemoragik (perdarahan) dan stroke iskemik.

"Stroke hemoragik (perdarahan) 20 persen dan stroke iskemik (penyumbatan) 80 persen," tegas dr. Mursyid kepada JawaPos.com, Senin (14/1).

robby tumewu, rombby tumewu meninggal, penyakit robby tumewu,
Robby Tumewu meninggal setelah beberapa tahun mengalami sakit stroke. (Istimewa)

Selain mengancam nyawa, stroke menyebabkan kecacatan seumur hidup. Stroke merupakan penyakit yang menyebabkan adanya kelainan di otak.

Ada yang dikenal dengan istilah stroke sumbatan atau iskemik. Adapula stroke pecah pembuluh darah. Untuk menentukan dan memastikan kalau pasien terkena stroke jenis apa, wajib menggunakan alat yang dinamakan CT Scan atau MRI.

Apa saja faktor risikonya? Menurut dr. Mursyid, faktor risiko stroke antara lain disebabkan oleh gaya hidup seperti hipertensi, diabetes, gangguan irama jantung, gangguan dalam pembekuan darah, merokok, tinggi kolesterol, kurang gerak, stres, dan sebagainya.

"Penyakit atau gangguan tersebut berkaitan dengan lifestyle termasuk kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan kurang olahraga," paparnya.

Maka wajib bagi siapa saja saat ini meningkatkan gaya hidup sehat dengan menjaga tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Atur pola makan dan tingkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga.

Editor           : Nurul Adriyana Salbiah
Reporter      : Marieska Harya Virdhani

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini