alexametrics

Dubes Uni Eropa Kagumi Hamparan Lahan Calon Ibu Kota Negara

29 Oktober 2021, 19:49:21 WIB

JawaPos.com–Duta Besar (Dubes) Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket mengaku kagum dengan luasan hamparan untuk pembangunan calon ibu kota negara (IKN). Itu disampaikannya saat mengunjungi lokasi calon pembangunan IKN baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

”Kami kagum dengan luasnya lahan yang terhampar. Termasuk kagum dengan titik-titik perkantoran calon IKN sehingga investor dari Uni Eropa tertarik berinvestasi dalam pembangunan perkantoran IKN,” ujar Dubes UE untuk Indonesia Vincent Piket seperti dilansir dari Antara, Jumat (29/10).

Khusus luas lahan yang disiapkan untuk pembangunan fisik seperti kawasan istana negara, gedung MPR, pusat pemerintahan, dan lainnya seluas 5.600 hektare.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyiapkan 490.000 hektare untuk kawasan ibu kota dan penyangga. Yakni melalui Pergub Kaltim Nomor 6/2020 tentang Pengendalian Peralihan, Penggunaan Tanah dan Perizinan di Kawasan Calon Ibu Kota Negara dan Kawasan Penyangga.

Saat berada di lokasi calon pembangunan calon IKN baru tersebut, Vincent Piket mengatakan, investor tertarik berinvestasi dalam pembangunan perkantoran IKN dan membuktikan kantor baru di lokasi itu. Namun, pihaknya akan tetap mempelajari lebih dulu mengenai undang-undang tentang IKN yang akan disahkan.

”Lahannya sangat luas dan bagus karena ada perbukitan dan lembah. Saya berharap pembangunan kawasan perkantoran untuk IKN mendatang, dapat dilakukan dengan tetap mempertahankan kelestarian lingkungan, supaya alam tidak rusak,” ucap Vincent.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara




Close Ads