alexametrics

Jokowi Sebut Korsel Dukung Pembangunan IKN 6,37 Miliar Dolar

28 Juli 2022, 20:06:37 WIB

JawaPos.com–Presiden Joko Widodo menyebutkan Korea Selatan sepakat untuk mendukung pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan total nilai investasi mencapai 6,37 miliar dolar AS. Jumlah tersebut termasuk pembangunan smart city.

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo usai bertemu Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul, Kamis (28/7) sore.

”Kita telah memulai kerja sama dalam pengembangan IKN Nusantara, antara lain kerja sama dalam pembangunan penyediaan sistem air minum dan capacity building dalam pembangunan smart city,” kata Presiden Jokowi seperti dilansir dari Antara dalam konferensi pers bersama Presiden Yoon Suk-yeol yang disaksikan secara virtual dari Jakarta, Kamis (28/7).

Jokowi menjelaskan, dukungan Korea Selatan dalam pembangunan di IKN juga dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman kerja sama investasi. Yakni antara PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) bersama Kementerian Investasi dengan Posco Korea.

Kerja sama antara Krakatau Steel dan Posco menyepakati investasi perluasan kapasitas produksi baja. Terutama pada industri baja otomotif untuk kendaraan listrik serta partisipasi Posco dalam pembangunan IKN Nusantara.

Investasi dari kerja sama tersebut diperkirakan 3,5 miliar dolar AS. Selain itu, Pemerintah Korea Selatan juga menyepakati pembangunan instalasi pengolahan limbah cair untuk IKN Nusantara.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: