alexametrics

Pemerintah Minta Dana Rakyat Bangun IKN, PKS: Itu Artinya Ingkar Janji

28 Maret 2022, 10:22:47 WIB

JawaPos.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menolak tegas rencana Pemerintah yang ingin urun dana dari masyarakat untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Juru bicara PKS, Muhammad Kholid menyebut rencana itu menandakan pemerintah kembali ingkar janji dalam membangun IKN Nusantara.

Dia mengungkapkan, Pemerintah sempat melontarkan pernyataan bahwa pembangunan IKN tidak akan membebani APBN, tapi faktanya menggunakannya.

“Pemerintah sudah menyalahi janjinya untuk kedua kalinya. Pertama, Pemerintah bilang IKN dijanjikan tidak akan bebani APBN. Faktanya bebani APBN dan harus diingat, APBN itu asalnya dari pajak rakyat,” kata Kholid, Senin (28/3).

Kholid menyampaikan, rencana Pemerintah yang meminta dana dari masyarakat, untuk pembangunan IKN sangat membebani masyarakat.

“Jadi secara tidak langsung rakyat yang dibebani. Kedua, kalau sekarang metodenya patungan dari rakyat. Maka rakyat lagi yang kena. Rakyat lagi yang dibebani,” sesal Kholid.

Oleh karena itu, Kholid meminta Pemerintah untuk lebih intensif menarik investor dalam membangun IKN tersebut. Sehingga pengerjaannya tak membebani masyarakat.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: