Bendungan Sepaku Semoi Diharapkan Dapat Penuhi Kebutuhan Air di IKN

27 Januari 2022, 12:16:30 WIB

JawaPos.com – Pembahasan tentang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus berlanjut. Dengan target pada 2024 mendatang, sejumlah instansi pemerintah dapat mulai melaksanakan tugasnya di ibu kota baru yang bernama Nusantara.

Kamis (27/1), para pejabat tinggi dari pemerintah pusat dan daerah, serta lembaga legislatif hadir untuk meninjau beberapa lokasi di IKN. Lokasi pertama yang ditinjau adalah Bendungan Sepaku Semoi, Penajam Paser Utara, Kaltim.

Untuk informasi, konstruksi Bendungan Sepaku Semoi telah dilaksanakan sejak Juli 2020 dengan target penyelesaian pada Desember 2023 mendatang sesuai kontrak yang ditentukan. Biaya yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur ini sebesar Rp 556 miliar.

Terkait dengan perkembangan konstruksi, diketahui pembangunannya sudah mencapai 32 persen. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang hadir dalam kunjungan tersebut menyampaikan harapannya agar proyek bendungan ini selesai tepat waktu serta dapat menjadi sumber air bagi calon ibu kota Indonesia yang baru.

“Bendungan Sepaku Semoi ini yang akan mengairi kebutuhan air baku di Penajam ini. Mudah-mudahan selesai dengan target Desember 2022 (2023) dan dapat mengairi ibu kota baru Nusantara,” kata Bamsoet di lokasi, Kamis (27/1).

Selain Bamsoet, mereka yang hadir antara lain Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani, dan Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Diikuti Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, dan Sesjen MPR RI Ma’ruf Cahyono.

Kemudian, hadir juga Menteri Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa, Wamenkeu Suahasil Nazara, dan Staf Khusus Menhub Adita Irawati.

Selanjutnya ada pula Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Plt Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa, Ketua DPRD Penajam Paser Utara John Kenedi, dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads