alexametrics

Demokrat Minta Pembangunan Ibu Kota Baru Distop Sementara

Fokus Penanganan Wabah Korona
26 Maret 2020, 19:37:20 WIB

JawaPos.com – Pandemi korona tidak hanya berdampak pada ancaman kesehatan, tapi sektor ekonomi pun sangat terpukul. Partai Demokrat meminta pembangunan strategis nasional dihentikan sementara, termasuk pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Pemerintah diminta fokus pada penanganan korona. Anggota Komisi VII DPR Sartono Hutomo merasa miris dengan dengan pernyataan pemerintah yang mengatakan proses pembangunan dan pemindahan ibu kota baru terus berjalan.

Menurut dia, pernyataan tersebut menggambarkan ketidakseriusan pemerintah dalam menyelamatkan nyawa rakyatnya dari ancaman Virus Korona (Covid-19).

“Dalam situasi yang tidak pasti sekarang ini, masih saja sibuk urus proyek dan mau pindah Ibu kota. Pemerintah benar-benar tak sensitif dan tak serius selamatkan nyawa rakyat,” ujar Sartono kepada wartawan, Kamis (26/6)

Politikus Partai Demokrat itu meminta pemerintah serius memprioritaskan penyelamatan nyawa rakyat ketimbang proyek-proyek dan pindah ibu kota. “Nyawa rakyat itu prioritas. Dan, itu benar-benar harus diutamakan,” katanya.

Sartono berharap pemerintah mengurungkan niat untuk tetap melanjutkan pemindahan ibu kota. Anggaran pemidahan ibu kota itu bisa dialihkan untuk penanganan virus korona.

“Tolonglah lupakan dulu proyek-proyek besar dan pindah ibu kota yang memakan biaya besar itu, agar anggarannya bisa dialihkan untuk penanganan Covid-19,” pungkasnya.

‎Sebagaimana diketahui, Juru Bicara Menko Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi memastikan proses persiapan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur masih terus berjalan. Proses tidak terpengaruh dengan pandemi virus Korona.

Saat ini pihak Kemenko Maritim dan Investasi bersama kementerian terkait lainnya tengah melakukan komunikasi intens dengan berbagai calon investor.

“Saat ini persiapan (pemindahan ibu kota) masih on track. Tim dari Kemenko Maritim dan Investasi bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan juga terus melakukan komunikasi dengan berbagai calon investor dan mitra di joint venture untuk pengembangan ibu kota ini,” kata Jodi.‎

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Gunawan Wibisono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads