Menkeu Proses Tata Kelola BMN Pemerintah yang Pindah ke IKN

24 November 2022, 06:54:50 WIB

JawaPos.com–Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, masih memproses tata kelola Barang Milik Negara (BMN) yang akan ditinggalkan kementerian dan lembaga yang pindah ke Ibu Kota Negara (IKN).

”Ini butuh perencanaan, komunikasi yang mendetail dengan kementerian dan lembaga, serta strategi pemindahannya itu sendiri dan implikasinya terhadap aset negara yang tidak digunakan lagi,” kata Sri Mulyani seperti dilansir dari Antara di Jakarta.

Menkeu akan terus bekerja sama dengan Badan Otorita IKN Nusantara untuk memastikan kesiapan IKN sebelum karyawan di kementerian dan lembaga di Jakarta pindah. Kerja sama juga akan dilakukan dengan kementerian dan lembaga di Jakarta yang saat ini masih menjadi pengelola BMN.

”Mereka harus bertanggung jawab untuk mengelola aset negara meski dalam pemindahan,” ujar Sri Mulyani.

Menurut dia, berdasar Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, nanti BMN yang dikelola kementerian dan lembaga di Jakarta yang pindah ke IKN dikelola terpusat oleh Kementerian Keuangan.

”Di situ kita akan eksplorasi bersama kementerian dan lembaga, mendengar feedback dari berbagai pelaku serta market untuk mendapatkan apa strategi terbaik untuk mengelola BMN atau aset negara,” papar Sri.

Proses pemindahan pengelolaan BMN akan dilakukan bersamaan dengan proses pembangunan IKN Nusantara. Sehingga, BMN yang akan ditinggalkan di Jakarta diharapkan tidak menjadi aset terbengkalai.

Sebelumnya pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 139 Tahun 2022 yang mengatur tentang Fasilitas untuk Penyiapan dan Pelaksanaan Transaksi Pemanfaatan BMN dan/atau Pemindahtanganan BMN dalam rangka Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan IKN.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads