alexametrics

Diisukan Jadi Kandidat Otorita IKN, Risma: Bukan Cuma Aku yang Arsitek

24 Januari 2022, 09:35:10 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginka Kepala Otorita untuk Ibu Kota Nusantara adalah orang yang berlatar belakang arsitek. Mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini adalah satu dari tokoh yang belatar belakang arsitek.

Menanggapi hal tersebut, Risma menegaskan bahwa banyak kepala daerah atau mantan kepala daerah yang berlatar arsitek. “Banyak kepala daerah yang (berlatar belakang) arsitek. Bukan cuma aku aja. Jadi, nggak bisa ngomong aku,” ujar Risma kepada wartawan, Senin (24/1).

Menteri Sosial ini pun juga mengaku enggan berandai-andai mengenai posisi Kepala Otorita tersebut. Andai pun benar, Risma menuturkan ia harus melapor dulu ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Saya harus melapor ke Ibu. Karena Ibu tahu siapa saya. Apakah saya tepat di situ atau tidak,” katanya.

Risma juga irit bicara mengenai apakah siap jika ditunjuk Presiden Jokowi untuk menduduki jabatan Kepala Otorita tersebut.

“Bukan soal siap. Orang saya nggak tahu kok,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan salah satu kriteria kandidat orang yang akan ditunjuknya sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Menurut Jokowi, kandidat yang akan menduduki jabatan tersebut adalah orang yang punya pengalaman memimpin daerah dan kemampuan di bidang arsitektur.

“Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek,” ujar Jokowi, Rabu (19/1).

Sampai saat ini setidaknya ada kepala dan mantan kepala darerah yang berlatar belakang seorang aritektur, mereka adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads