alexametrics

Naik Kelas, Jaringan Internet di IKN Dilaporkan Membaik

23 April 2022, 17:31:19 WIB

JawaPos.com – OpenSignal merilis laporan yang menyebut bahwa pengalaman internet di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) mulai membaik dan perlahan naik kelas. Hal tersebut menyusul pengumuman pemerintah yang meresmikan IKN Nusantara berada di kawasan Kaltim sejak 2019 lalu.

Selain kualitas dari segi kecepatan internet di Kaltim yang dikatakan sudah mulai setara dengan wilayah di Pulau Jawa khususnya Jakarta, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur, pengalaman lain dalam hal ini video dan gaming di kawasan IKN juga dilaporkan membaik.

Analis OpenSignal Hardik Khatri menjelaskan, pengguna mereka di seluruh wilayah ini menikmati Pengalaman Video yang Wajar/Fair (40-55), kecuali Jawa Tengah. Kendati demikian, Jakarta Raya memimpin dengan 47,3 poin (dalam skala 100 poin) dalam hal skor, sementara Jawa Tengah berada di urutan terakhir dengan 38 poin.

“Kami melihat skor yang sangat dekat dalam Pengalaman Aplikasi Suara. Jakarta Raya bernasib 2,9 poin lebih tinggi dari Kalimatan Timur, yang berada di paruh bawah tabel dengan 74,6 poin
(dari 100) bersama Jawa Tengah (74,3),” jelas Hardik melalui laporan resminya.

Dia melanjutkan, untuk peringkat pengalaman aplikasi suara sama di seluruh Jawa dan Kalimantan Timur, karena semua wilayah masuk dalam kategori Dapat Diterima (74-80) untuk kualitas pengalaman pengguna kami saat menggunakan layanan aplikasi suara Over The Top (OTT) seperti WhatsApp, Skype dan Facebook Messenger.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads