alexametrics

Gubernur Sebut Tak Ada Jual Beli Tanah Negara di Lokasi IKN

21 Januari 2022, 17:27:11 WIB

JawaPos.com–Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor menegaskan areal lahan lokasi pembangunan ibu kota negara (IKN) merupakan tanah negara (tanah hutan produksi). Sehingga, tidak ada praktik jual beli tanah di lokasi IKN tersebut.

”Tapi kalau jual beli tanah di sekitar atau di luar lokasi pembangunan IKN mungkin saja ada, dan itu bagus. Artinya, masyarakat mendapatkan manfaat. Terkait harga tanah yang melonjak sampai 10 kali lipat, saya masih tidak percaya dan kemungkinan itu hanya isu dan permainan spekulan tanah,” jelas Isran Noor seperti dilansir dari Antara di Samarinda.

Jika ada yang ingin berspekulasi di areal lahan yang akan digunakan untuk pembangunan IKN, lanjut dia, tentu akan sia-sia dan hanya menghabiskan energi. Akan tetapi jika ingin berspekulasi di luar lahan pembangunan IKN dipersilakan.

”Setahu saya, tidak ada lahan masyarakat yang masuk areal kawasan IKN. Itu semua lahan negara. Kalaupun ada lahan masyarakat yang mungkin masuk kawasan IKN, itu akan ditata kembali oleh pemerintah, supaya nanti pemukiman di sekitar ibu kota bisa lebih bagus,” terang Isran.

Seiring dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara, harga tanah menjadi pertimbangan para investor. Menurut Isran, tidak ada masalah antara investor dengan pihak pemilik lahan yang ada di luar kawasan IKN.

”Tidak ada masalah. Itu urusan lain dan itu berlaku hukum pasar, supply dan demand. Jadi kalau pemilik lahan mau bermain dengan para investor, tidak masalah. Kan ada hitung-hitungannya,” papar Isran.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads