alexametrics

Penjelasan Tentang Posisi Kepala Otorita di Ibu Kota Nusantara

19 Januari 2022, 18:53:37 WIB

JawaPos.com – Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur nantinya akan dipimpin oleh Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita bukan lagi dikepalai oleh seorang Gubernur.

Anggota Pansus RUU Ibu Kota Negara (IKN) DPR, Guspardi Gaus mengatakan, nantinya Kepala Otorita ini kedudukannya setingat dengan menteri. Sehingga nantinya Presiden RI akan menunjuk langsung Kepala Otorita ini.

Menurut Guspardi, nantinya tidak akan ada lagi Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Kalimatan Timur. Sebab pemimpin di wilayah tersebut langsung ditunjuk oleh kepala negara lewat konsultasi dengan DPR.

“Kepala Otorita ini adalah jabatannya setingkat menteri, jadi dia diangkat dan diberhentikan oleh Presiden,” ujar Guspardi kepada JawaPos.com, Rabu (19/1).

Legislator Partai Amanat Nasional (PAN) berujar nantinya DPRD di Kalimantan Timur juga tidak ada. Karena Kepala Otorita langsung bertanggung jawab ke Presiden RI. Sementara jika ada Gubernur maka otomatis bertanggung jawab ke DPRD.

“Ohh enggak ada DPRD, dia itu pemerintah daerah ibu kota setingkat provinsi yang jabatannya setingkat menteri,” katanya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads