Satgas IKN Ingin Studi Kelayakan Immersed Tunnel Selesai di 2023

18 November 2022, 06:57:58 WIB

JawaPos.com–Satgas Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap studi kelayakan atau feasibility study untuk immersed tunnel dapat dirampungkan tahun depan.

Ketua Bidang Transportasi Satgas Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Atyanto Busono mengatakan, saat ini studi kelayakan tersebut sedang dalam proses penyusunan. ”Tahun ini atau tahun depan diharapkan dapat selesai untuk studi kelayakannya,” ujar Atyanto seperti dilansir dari Antara.

Nanti setelah studi kelayakan immersed tunnel dirampungkan, kemudian dirumuskan menjadi perencanaan teknis terinci atau Detail Engineering Design (DED) lalu akan dilakukan pembangunan.

Satgas Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN akan menyiapkan terowongan dengan mengadopsi teknologi immersed tunnel yang akan menyeberangi Teluk Balikpapan di IKN Nusantara. Pembangunan immersed tunnel sesuai dengan konsep forest city yang diusung IKN Nusantara.

Kementerian PUPR saat ini sedang melakukan studi kelayakan untuk mendapatkan rute alternatif terbaik bagi immersed tunnel. Pemerintah ingin melindungi bekantan, fauna dan flora endemik lainnya di sekitar Teluk Balikpapan. Untuk itu Kementerian PUPR tidak akan membangun jembatan yang secara fisik mengubah morfologi lingkungan, melainkan mencoba untuk membangun immersed tunnel seperti di Geoje, Busan, Korea Selatan.

Contoh penerapan teknologi immersed tunnel sudah diimplementasikan di banyak negara seperti terowongan Fehmarn di Eropa dan Geoje, Busan di Korea Selatan. Teknologi immersed tunnel merupakan metode yang umumnya digunakan untuk menggantikan jembatan yang melalui wilayah perairan yang lebar.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads