alexametrics

PUPR Kolaborasikan Pemenang Sayembara Desain Istana Wapres di IKN

18 Juli 2022, 16:59:18 WIB

JawaPos.com–Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengolaborasikan karya-karya pemenang sayembara perancangan kawasan dan bangunan gedung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Termasuk perancangan untuk Istana Wakil Presiden.

Basic design-nya ini tentu kami harus kolaborasikan. Kalau tadi Istana Wapres kan pemenangnya ada dua, ya nanti dikolaborasikan, kami ambil unsur-unsur mana dari Huma Betang Umai, mana yang dari Istana Kerakyatan,” kata Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti seperti dilansir dari Antara, Senin (18/7).

Menurut Diana, kolaborasi dalam penyusunan desain dasar Istana Wapres tersebut, membutuhkan waktu sekitar 1–2 bulan. ”Jadi nanti setelah ada basic design kami baru bisa mengira-ngira pembangunan untuk Istana Wapres, nanti kami bisa sampaikan saat kami umumkan untuk lelang,” ujar Diana.

Diana menuturkan, pihaknya akan mengolaborasikan berbagai karya pemenang sayembara untuk kategori lain. Seperti untuk kompleks perkantoran legislatif, kompleks peribadatan, dan kompleks yudikatif.

Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di IKN Nusantara dibuka pada 28 Maret. Proses penjurian tahap 1 dilakukan pada 6–10 Juni untuk menentukan tiga desain terbaik.

Pemeringkatan 3 besar karya dilakukan pada 20–22 Juni. Kemudian proses penetapan pemenang yang dilakukan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama dewan juri.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: