alexametrics

Kementerian PUPR Gandeng Konsultan JICA Awasi Pembangunan di IKN

18 Juli 2022, 14:09:57 WIB

JawaPos.com–Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggandeng konsultan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk mengawasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

”JICA memang akan bergabung dengan kita. JICA ini sebagai konsultan untuk mengawasi. Pengawas untuk seluruh bangunan-bangunan kita,” kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti seperti dilansir dari Antara di Jakarta, Senin (18/7).

Diana mengatakan, Kementerian PUPR belum berpengalaman dalam membangun sebuah kota. Kerena itu, peran JICA dibutuhkan sebagai quality assurance dalam pembangunan IKN.

”Juga untuk kontrol, yang artinya melakukan quality assurance-nya, karena memang Kementerian PUPR belum mempunyai pengalaman untuk membangun suatu kota,” ujar Diana.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Rabu (13/7) telah bertemu dengan Chief Representative JICA Takehiro Yasui. Konsultan JICA dalam pertemuan itu telah memaparkan hasil studi mengenai empat tantangan dalam menjamin mutu pembangunan IKN.

Yakni, diperlukan integrasi berdasar kondisi dasar di mana semua desain dan pembangunan harus berdasarkan kondisi topografi dan geologi saat ini. Kemudian, land grading dan semua rencana infrastruktur harus merujuk ke rencana drainase untuk mencegah bencana banjir.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: