Proyek IKN Terapkan Prinsip ESG, Begini Penjelasan Sri Mulyani

12 November 2022, 19:07:27 WIB

JawaPos.com-Proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dipastikan dibangun menggunakan prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola atau Environmental, Social, dan Governance (ESG). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan, implementasi ESG terbilang penting untuk dilakukan.

Ani -sapaan akrab Sri Mulyani- menyebut, penerapan ESG pada proyek-proyek infrastruktur diyakini akan membawa banyak manfaat. Salah satu manfaatnya yakni para investor akan semakin yakin menanamkan modalnya pada IKN.

‘’Jika kita ingin menarik dana dari swasta atau internasional, maka cara strategis adalah memenuhi standar kualitas, termasuk ESG,’’ ujarnya pada Launching of ESG Framework and Manual di Hotel Movenpick, Jimbaran, Bali, Sabtu (12/11).

Seperti diketahui, ESG adalah inisiatif yang berasal dari kalangan swasta untuk merespon desakan pada penciptaan pembangunan dan ekonomi yang berkelanjutan. Suatu perusahaan yang menerapkan prinsip ESG dalam praktik bisnis dan investasinya berarti akan turut mengintegrasikan serta mengimplementasikan kebijakan perusahaan, sehingga selaras dengan keberlangsungan tiga konsep tersebut.

Prinsip itulah yang disebut Ani siap dibawa dalam berbagai proyek di Tanah Air. Dengan penerapan ESG, maka Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bisa dihemat. Sebab, peran investor teramat penting dalam membantu pendanaan proyek.

Menkeu menjelaskan, Kemenkeu bersama Kementerian PUPR yang bertugas dalam pembangunan IKN akan bersama-sama untuk menerapkan prinsip ESG. ‘’Bapak Presiden sering sampaikan bahwa ini tidak sekadar memindahkan (ibu kota), tetapi menjadi cara hidup baru termasuk dari sisi aspek green-nya,’’ imbuh dia. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Dinda Juwita

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads