alexametrics

Kementerian PUPR Terapkan Konsep Infrastruktur Hijau di IKN

12 Mei 2022, 07:00:06 WIB

JawaPos.com–Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR berencana menerapkan konsep infrastruktur hijau atau green infrastructure dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

”Pembangunan IKN, kami merencanakan penerapan dengan konsep infrastruktur hijau (ramah lingkungan) atau green infrastructure,” ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti seperti dilansir dari Antara.

Menurut Diana, hal itu dilakukan di IKN dengan desain untuk mengangkat konsep pengembangan kota yang cerdas, inovatif, dan inklusif. Selain itu, mengedepankan prinsip global dengan kearifan lokal.

”Dan untuk mewujudkan smart metropolis, IKN juga dikembangkan sebagai kota modern untuk memenuhi standar infrastruktur berkelas dunia. Ini juga mengaplikasikan teknologi pintar untuk mewujudkan kota layak huni,” ujar Diana Kusumastuti.

Menurut dia, IKN tidak hanya berfungsi sebagai kota pintar tetapi juga sebagai tempat modern. IKN menerapkan teknologi pintar untuk menciptakan kota yang layak huni, berketahanan, dan berkelanjutan.

”Kita juga mengimplementasikan teknologi modern energi terbarukan bersama Kementerian ESDM dan juga pembangunan gedung pintar. Kami juga bersama-sama Bappenas dan kementerian lain memiliki sejumlah key performance indicator (KPI) khusus untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan di IKN,” tutur Diana.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads