alexametrics

Pembanguan IKN Harus Perhatikan Daerah Penyangga

12 Januari 2022, 15:47:49 WIB

JawaPos.com–Rektor Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur, Masjaya memberikan masukan terkait pembangunan ibu kota negara yang baru. Menurut dia pembangunan IKN seyogyanya tidak melupakan daerah penyangga khususnya terkait pembangunan akses jalan dan infrastruktur.

”Kami sudah ada kajian secara tertulis dan akan kami sampaikan kepada Pansus DPR,” kata Masjaya seperti dilansir dari Antara.

Masjaya menerangkan, konsultasi publik bertujuan untuk menyalurkan aspirasi masyarakat terkait pemindahan IKN baru di Kaltim. Pihaknya mengundang semua rektor baik dari perguruan tinggi negeri, agama, maupun swasta agar aspirasi masyarakat bisa tercantum di RUU.

Sementara itu, Rektor UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (Uinsi) Samarinda Mukhamad Ilyasin memberikan tanggapan terkait kajian yang ditata dalam RUU IKN yang dinilainya sudah luar biasa. ”Mudah-mudahan kami bisa berperan dengan acuan yang jelas, tidak jadi penonton dan bisa berkontribusi di rumah sendiri,” ucap Ilyasin.

Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) Isradi Zainal mengharapkan pemerintah bisa mengambil nama dari simbol Kaltim dalam penetapan IKN. ”Kami mengusulkan nama Paku Nagara, Paku dari Suku Paser dan Kutai, sedangkan Nagara dari konsep negara yang disetujui PUPR. Kalau disingkat bisa menjadi visi IKN ke depan,” jelas Isradi Zainal.

Rektor Universitas Tujuhbelas Agustus (Untag) Samarinda Marjoni Rachman meminta pemerintah tidak hanya memberikan anggaran untuk pembangunan IKN baru. Namun, wilayah penyangga di Kaltim juga harus diberikan anggaran.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: