alexametrics

Rektor Universitas Mulawarman Ingin Pembangunan IKN Perkuat Kaltim

11 Januari 2022, 12:16:19 WIB

JawaPos.com–Rektor Universitas Mulawarman Masjaya menginginkan agar pembangunan ibu kota negara (IKN) baru harus dapat memperkuat wilayah Kalimantan Timur. Mulai dari sisi sumber daya manusia (SDM), pendidikan, hingga lingkungan.

”Intinya membangun IKN tentu di sampingnya Provinsi Kalimantan Timur yang perlu penguatan dan kejelasan di dalam RUU. Posisi Kalimantan Timur terhadap UU yang akan disahkan DPR,” kata Masjaya seperti dilansir dari Antara dalam Konsultasi Publik RUU IKN di Jakarta, Selasa (11/1).

Masjaya mengatakan, pembangunan IKN yang berwawasan lingkungan berkelas internasional dengan konsep green city dapat dilakukan dengan mengusung konsep forest city atau tropical city. Konsep tersebut dapat diaplikasikan dengan menjadikan berbagai tanaman dan pohon endemik Kalimantan sebagai ciri khas IKN baru.

Menurut dia, hal itu dapat mendorong budi daya tanaman endemik Kalimantan yang saat ini mulai punah. Sehingga, hadirnya IKN dengan perubahan fungsi lahan harus memperhatikan keadaan lingkungan sekitar.

”Kalimantan lingkungannya sudah mulai meragukan. Kalau hadir IKN dengan tambahan perubahan fungsi lahan dan lingkungan tidak dijaga dan tidak dibuat regulasinya dengan jelas. Saya yakin itu berdampak negatif,” papar Masjaya.

Selain itu, IKN baru harus menjadi kota ramah lingkungan yang bebas polusi sehingga semua kebijakan pembangunan harus berprinsip berkelanjutan. Prinsip berkelanjutan itu dapat diterapkan melalui penggunaan pembangkit listrik energi terbarukan serta penyediaan transportasi publik yang masif dan aman sehingga mengurangi penggunaan transportasi pribadi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads