alexametrics

Presiden Perintahkan Pembangunan IKN Jaga Kelestarian Lingkungan Hidup

4 Juni 2022, 20:36:47 WIB

JawaPos.com–Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup. Pengerjaan pembangunan IKN itu dilakukan dengan skala begitu besar.

”Jumlah pekerja dan nanti jumlah material akan cukup banyak, jadi diarahkan nanti untuk tetap memperhatikan kondisi lingkungan hidup,” kata Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono seperti dilansir dari Antara.

Bambang menjanjikan dalam konversi hutan menjadi kawasan IKN, akan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Dengan begitu, pembangunan IKN akan tetap mengedepankan konsep pembangunan hijau dan pertumbuhan berkelanjutan.

”Misalnya kita akan melakukan reforestrasi atau penanaman kembali sehingga kejayaan hutan tropis kita akan terwujud dan ada target-target kita ke depan sehingga keberlanjutan, forest city untuk Nusantara ini benar-benar kita dapat wujudkan dengan baik,” ujar Bambang.

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, kata Bambang, akan menjadi kota hijau, kota cerdas, kota yang inklusif, dan kota yang bertumbuh secara berkelanjutan. Presiden juga memerintahkan agar pembangunan IKN turut melibatkan masyarakat setempat.

”Kondisi bagaimana berinteraksi dengan masyarakat. Kami juga mengharapkan nanti ada pola di mana masyarakat bisa terlibat langsung di dalam pembangunan ini, dan saya kira itu sedang dimatangkan oleh tim transisi,” papar Bambang.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads