alexametrics

Wisata Ibu Kota Baru Andalkan Pantai, Taman, dan Air Terjun

Laporan Bayu Putra Dari Penajam Paser Utara
3 Mei 2020, 17:03:07 WIB

Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki sejumlah lokasi wisata potensial untuk menyangga kawasan ibu kota negara (IKN) yang baru. Mulai pantai, taman kota, hingga air terjun di kawasan hutan. Bahkan, wisata air terjun nanti berada dekat dengan pusat pemerintahan IKN.

JAWA Pos mengunjungi dua lokasi wisata di PPU. Karena persoalan jarak dan luas wilayah, hampir mustahil mengunjungi semua tempat wisata di PPU dalam satu waktu. Berbeda dengan Tenggarong di Kutai Kartanegara yang memiliki beberapa lokasi wisata dengan jarak yang berdekatan sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Sebagai wilayah pesisir, PPU tentu mengandalkan wisata pantai. Salah satunya, Pantai Nipah-Nipah. Pantai yang berada tidak jauh dari bagian terluar Teluk Balikpapan dan menghadap ke timur. Untuk mencapai pantai tersebut, pengunjung bisa melewati jalan pesisir yang ujungnya berada di dekat kantor Polres PPU.

Rata-rata warga PPU mengunjungi pantai tersebut dengan kendaraan pribadi. Hingga saat ini, belum ada kendaraan umum yang mengakses pantai tersebut. Jawa Pos menggunakan jasa ojek online (ojol) lokal, Jamride, untuk menuju Pantai Nipah-Nipah. Saat berangkat, ojol mudah didapat. Namun, ketika harus kembali, koran ini kesulitan untuk mencari kendaraan. Beruntung, ada warga sekitar yang bersedia mengantar hingga ke tepi jalan utama.

MEMANDANG CAKRAWALA: Para turis menikmati foto yang banyak dipasang di Pantai Nipah-Nipah. Cukup elok diunggah di media sosial. (BAYU PUTRA/JAWA POS)

Pantai Nipah-Nipah biasanya ramai di akhir pekan. Maka, saat koran ini mengunjunginya pada hari kerja, pengunjungnya sangat sedikit. Pantai tersebut dibentengi tembok laut (seawall) untuk menahan banjir rob. Siang itu, angin Selat Makassar bertiup cukup kencang. Ombak menghantam bibir pantai.

Pantai berpasir putih itu diberi sejumlah hiasan berupa titik foto yang Instagrammable. Mulai anjungan hingga lambang hati. Saat senja, langit pantai terlihat cantik dengan gradasi warna yang dihasilkan mentari yang tenggelam di pedalaman.

Sekretaris Daerah Kabupaten PPU Tohar menjelaskan, lokasi wisata di wilayahnya bukan hanya Pantai Nipah-Nipah.

”Ada Pantai Tanjung Jumlai di Petung, lalu kalau ke (Kecamatan) Waru itu ada penangkaran rusa,” terangnya. Belum lagi air terjun Tembinus di Kecamatan Sepaku yang berada di sisi barat calon pusat pemerintahan IKN.

PPU, lanjut dia, merupakan gerbang menuju Kalimantan Timur dari selatan selain Kabupaten Paser. Pengunjung dari Kalsel memiliki pilihan tempat istirahat ketika melakukan perjalanan darat ke Kaltim. Sebab, tempat-tempat wisata tersebut berada tidak jauh dari jalan utama. Kecuali air terjun Tembinus yang memang berada di pedalaman.

TEMPAT TEDUH: Warga bisa menikmati kesejukan danau buatan atau berjalan-jalan di sepanjang taman. (BAYU PUTRA/JAWA POS)

Lokasi wisata lain adalah Taman Bunga Rozeline. Berada di pusat pemerintahan PPU di Kecamatan Penajam, taman tersebut memiliki luas sekitar 1 hektare lebih. Ciri khas taman itu adalah adanya danau buatan di tengah taman. Di atasnya ada jembatan kayu yang melintang.

Di tepian danau ada sejumlah gazebo, yang biasanya dimanfaatkan keluarga untuk piknik. Mereka membawa bekal dari rumah dan menyantapnya di gazebo sambil memandangi danau dan teduhnya taman. Taman Bunga Rozeline menjadi obat di tengah panasnya cuaca di PPU, khususnya saat siang.

Kelak, mereka yang tinggal di IKN tidak perlu bingung untuk memilih lokasi wisata. Baik Kukar maupun PPU, dua kabupaten itu memiliki potensi wisata yang menarik. Seiring pembangunan IKN, potensi-potensi wisata juga akan berkembang. Demi mendatangkan lebih banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c7/dos



Close Ads