alexametrics

Pemindahan Ibu Kota Disebut Bagian Pemerataan Kesejahteraan Rakyat

2 Oktober 2021, 13:31:13 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan surat presiden (Surpres) terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) kepada DPR. Nantinya RUU tersebut akan dibahas dalam waktu dekat.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rahchman mengatakan itu adalah langkah kongkrit Presiden Jokowi untuk mewujudkan Indonesiasentris dan Indonesia Maju adalah dengan merealisasikan pemindahan Ibu Kota Negara ke Penajam Paser Utara Kalimantan Timur.

“Ibu Nota Negara yang baru berada di tengah wilayah geografis Nusantara merupakan simbol transformasi progresif menuju Indonesia Maju. Transformasi progresif dari kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yang berprinsip pada Indonesiasentris yakni pemerataan pembangunan di seluruh Indinesia,” ujar Fadjroel kepada wartawan, Sabtu (2/10).

Mantan aktivis 98 ini menambahkan, perpindahan Ibu Kota Negara sebagai tonggak transformasi progresif. Kata dia, perpindahan ibu kota ini jangan dilihat sekadar sebagai perpindahan kantor pemerintahan. Bukan sekadar pindah lokasi, tetapi ada sebuah transformasi, pindah cara kerja, pindah budaya kerja, pindah sistem kerja, dan juga ada perpindahan basis ekonomi.

“Menumbuhkan tindakan naluriah Indonesia Maju merupakan prinsip utama perpindahan Ibu Kota Negara dalam pandangan Presiden Jokowi,” katanya.

Fadjroel menuturkan, perpindahan Ibu Kota Negara di Pulau Kalimantan ini merupakan bagian dari keberpihakan Presiden Jokowi untuk pemerataan pembangunan dan kesejahteraan.

“Itu keberpihakan Presiden Jokowi dan jajaran pemerintahannya untuk mengkonsolidasikan tatanan demokrasi dan pemerataan kesejahteraan yang didambakan rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Fadjroel berujar, perubahan kultur dan sistem harus mampu menjawab tantangan jaman dan memeratakan keadilan pembangunan atau Indonesiasentris. Karenanya, Fadjroel mengatakan, Presiden Jokowi dengan tulus ikhlas mengajak seluruh rakyat Indonesia bergotong-royong mengatasi masalah dan bergerak maju bersama-sama.

“Ibu Kota Negara di Penajam Paser Utara Kalimantan Timur ini akan menjadi lokomotif bangsa indonesia mewujudkan Indonesiasentris dan Indonesia Maju. Kita yakin Indonesia Maju,” pungkasnya

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads