alexametrics

Pakar Bilang IKN Harus Terkoneksi untuk Rantai Pasok Berkelanjutan

2 Agustus 2022, 09:57:54 WIB

JawaPos.com-Pakar Kebijakan Publik mengatakan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara harus terkoneksi dengan kota-kota di sekitarnya. Hal itu agar manajemen rantai pasok dapat berkelanjutan.

Menurut Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute Achmad Nur Hidayat, IKN membutuhkan dukungan dari kota-kota di sekitarnya untuk menyuplai bahan baku dan barang-barang. Agar berbagai kebutuhan wilayah itu terpenuhi terus-menerus.

’’Jadi ini menggunakan konsep ekonomi sirkular dan connectivity,’’ ujar Achmad seperti dilansir dari Antara, Selasa (2/8).

Menurut dia, Kota Samarinda dan Kota Balikpapan akan menjadi wilayah penting pemasok bahan baku dan barang ke IKN. Minimal akan menjadi jalur pengiriman atau tempat transit.

Selain itu, untuk menciptakan rantai pasok yang berkelanjutan, dia menambahkan, barang yang tersedia di IKN harus produk-produk lokal. Sehingga, secara langsung akan bermanfaat untuk ekonomi lokal dan mendukung basis yang berkelanjutan.

Dia memastikan kehadiran produk lokal dapat memperkuat neraca pembayaran Indonesia. Sebab, negara tidak perlu mengeluarkan devisa untuk barang-barang tersebut.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: