JawaPos Radar | Iklan Jitu

65 Instansi Pusat Umumkan Hasil Akhir CPNS

Peserta Harap Siapkan Pemberkasan

14 Januari 2019, 17:00:59 WIB
65 Instansi Pusat Umumkan Hasil Akhir CPNS
ILUSTRASI CPNS. Hingga Senin (14/1), tercatat sebanyak 65 dari total 74 kementerian/lembaga sudah mengumumkan hasil akhir CPNS 2018. (Bagas Bimantara/Radar Madiun/Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Jumlah instansi yang sudah menyelesaikan verifikasi dan validasi (verval) di Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus bertambah. Hingga Senin (14/1), tercatat sebanyak 65 dari total 74 kementerian/lembaga sudah mengumumkan hasil akhir CPNS 2018.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) adalah instansi pusat yang baru saja mengeluarkan hasilnya. Pengumuman diterbitkan berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara selaku Ketua Tim Pelaksana Seleksi Nasional Pengadaan CPNS 2018 perihal Penyampaian Hasil Integrasi Nilai SKD dan SKB CPNS 2018.

Selanjutnya, mereka yang dinyatakan lolos perlu mengikuti tahapan akhir, yakni pemberkasan. Tahap tersebut memiliki waktu yang sudah ditentukan oleh masing-masing instansi, paling lambat 15 hari kerja sejak tanggal pemberitahuan. Persyaratan pemberkasan dapat dilihat di laman resmi masing-masing instansi.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, untuk mempercepat dan memudahkan tahap pemberkasan itu, pihaknya menyarankan para CPNS menggunakan fitur baru di portal sistem seleksi CPNS Nasional (SSCN), yaitu sscn.bkn.go.id.

Menurutnya, fitur baru di akun SSCN tersebut dapat dimanfaatkan bagi para pelamar CPNS 2018 yang sudah lolos ke pemberkasan untuk mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH), serta mempercepat pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP) yang nantinya akan dicetak bagi instansi yang membutuhkan.

Dia juga mengimbau para pelamar CPNS 2018 yang dinyatakan lolos untuk teliti dalam mengisi setiap formulir pemberkasan agar tidak ada kesalahan.

"Yang dinyatakan lolos ke pemberkasan. Ada fitur baru di akun SSCN untuk isi DRH. Ini untuk mempercepat pemberkasan NIP dan dicetak bagi instansi yang membutuhkan," ujar Ridwan.

Berdasarkan data BKN, per 11 Januari 2019 pukul 20.00, sudah ada 545 instansi yang DS, lima instansi proses verval BKN antara lain Kementerian LHK dan Kemenpora RI (Atlet). Sementara tiga instansi, yaitu Kementerian PUPR, BIN, dan BPKRI menunggu final instansi.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Yesika Dinta

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini