JawaPos Radar | Iklan Jitu

Sidang Kasus Meikarta

Jadi Saksi, Eks Bupati Bekasi Sebut Sekda Jabar Terima Rp 1 Miliar

14 Januari 2019, 18:40:59 WIB
Jadi Saksi, Eks Bupati Bekasi Sebut Sekda Jabar Terima Rp 1 Miliar
()
Share this

JawaPos.com - Kasus suap perizinan proyek Meikarta di Bekasi masih terus dibahas dan pembuktian di persidangan Pengadilan Negeri Bandung. Namun secara mengejutkan dari beberapa persidangan, kali ini mantan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin menyebut Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa yang menerima uang senilai Rp 1 miliar.

Sebelumnya pun, Neneng menyebut nama lain dalam persidangan tersebut diantaranya Mendagri, Tjahjo Kumolo, dan Mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di PN Bandung, Senin (14/1).

Saat ini, Neneng dihadirkan sebagai saksi atas terdakwa Billy Sindoro dalam sidang lanjutan kasus Meikarta. Jaksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) awalnya bertanya soal pengurusan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Meikarta kepada Pemprov Jawa Barat. Lalu Neneng ditanya soal adanya uang yang masuk untuk pejabat Pemprov Jawa Barat.

Dalam pengakuannya, ia mendapat kabar dari Kabid Dinas PUPR Pemkab Bekasi, Neneng Rahmi bahwa Iwa meminta uang sebesar Rp 1 miliar. "Ada pemberian uang kepada Pak Iwa Sekda Provinsi Jabar," ujar Neneng, Senin (14/1).

Hanya saja, ia tidak tahu secara detil perkara permintaan uang tersebut. Informasi itu didapatkan dari Neneng Rahmi saat keduanya bertemu di rumah Neneng Hasanah Yasin.

Ia pun mengaku tidak tahu sumber uang sebesar Rp 1 miliar untuk Iwa Karniwa. "Saya enggak begitu detail. Tapi Neneng Rahmi bilang ada pemberian Rp 1 miliar kepada Sekda," katanya.

Namun, Neneng tidak menyebut atau menjelaskan secara rinci terkait pemberian uang kepada Iwa. Karena yang tahu secara persis adalah Neneg Rahmi.

Editor           : Erna Martiyanti
Reporter      : Siti Fatonah

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini