Mike, Angsa Viral yang Kalem di Tangan Rafif Hani

30 Oktober 2022, 14:48:47 WIB

Di kategori unggas, soang atau angsa bisa disebut sebagai hewan yang paling bikin keder. Dengan perawakan yang besar, suara nyaring, dan tatapan yang tajam, soang kerap nyosor atau menggigit siapa saja yang dianggap mengancamnya.

TAK ayal, banyak orang yang menghindar saat bertemu soang. Bahkan, rela memutar jalan karena takut disosor hewan bermulut panjang itu.

Namun, berbagai stigma itu runtuh saat melihat kedekatan Rafif Hani dengan soang peliharaannya yang bernama Michael atau akrab disapa Mike. Bersama anak usia 12 tahun itu, tanda-tanda kegarangan soang tidak muncul sama sekali.

Sebaliknya, bersama Hani, keduanya bak dua sahabat yang saling menyayangi. Saat Jawa Pos berkunjung Rabu (19/10) lalu, mereka tak canggung memperlihatkan kemesraan. Berpelukan, saling tatap tanpa jarak, mencium, hingga bercandaan.

’’Mike gak pernah gigit saya. Kalau gigit juga gigit yang bercanda aja,’’ ujar Hani saat ditemui di rumahnya.

Meski sifat berbeda, secara perawakan, Mike yang sudah berusia hampir dua tahun tak berbeda dengan soang pada umumnya. Berbadan besar, kaki yang kuat, suara nyaring, dan berbulu putih.

Tidak ada yang tahu persis dari mana ’’kelainan’’ karakter Mike itu muncul. Namun, Hani mengira, semua kemesraan itu terbangun dari kedekatan yang dijalin sejak kecil.

Yap, sejak Mike dibeli dan datang ke rumah di usia satu bulan, Hani sudah senang merawatnya. Tidak sebatas memberi makan seperti orang pada umumnya, tetapi juga memberikan sentuhan kasih sayangnya pada Mike.

’’Pas udah nyampe, saya ajak main. Akhirnya jinak sampe sekarang,’’ tutur siswa Madrasah Ibtidaiyah Yaspikh itu.

Dalam keseharian, Mike dan Hani tak terpisahkan. Keduanya banyak menghabiskan waktu bersama. Sebab, ke mana pun Hani berjalan, Mike akan mengikutinya. ’’Sejak bulu masih kuning udah ngikutin saya,’’ jelasnya.

Kakak Hani, Sulthan Naufal, menceritakan, kedekatan adiknya dengan Mike berlangsung natural dan tidak pernah direncanakan. Keberadaan Mike bermula dari keinginan ayahnya memiliki unggas peliharaan.

Saat itu, dibelilah seekor soang dan bebek. ’’Soang diberi nama Michael, bebek dinamai Jackson. Jadi Michael Jackson,’’ tuturnya.

Namun, sejak awal, adiknya memang yang paling dekat dengan Mike. Karena itu pula, dengan anggota keluarga yang lain, kebaikan Mike tidak sama dengan kepada Hani.

Naufal menjadi saksi betapa Hani menyayangi Mike. Hani bahkan memperlakukannya layaknya manusia. Untuk mandi misalnya, Mike mandi di kamar mandi yang sama dengan keluarga. ’’Mandi pakai sabun sampo juga,’’ kata pemuda 18 tahun itu.

Bahkan, keluarga tengah menyiapkan peranti tambahan berupa popok. Harapannya, Mike bisa bermain di dalam rumah. ’’Sudah dibikin popok dengan desain khusus,’’ tuturnya.

Keakraban Mike dan Hani viral setelah diunggah ke TikTok dan Instagram. Banyak netizen yang takjub dan tidak menyangka ada soang sekalem itu. Bahkan, salah satu video mereka berdua di Tiktok sudah ditonton lebih dari 44 juta kali.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : far/c17/nor

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads