alexametrics

Street Mini4WD, Perpaduan Olahraga Sekaligus Hobi yang Kian Digemari

29 November 2021, 21:16:48 WIB

JawaPos.com – Street Mini4WD, olahraga baru yang masuk ke Indonesia sejak 2017, kini mulai merambah kota-kota besar di Indonesia.

Komunitas-komunitas di bawah bendera Play On Street Mini4WD Indonesia sudah banyak mengadakan event-event fun run yang melibatkan beberapa regional.

Seperti yang terjadi di Pendopo Alun-Alun Sidoarjo, kemarin (28/11). Event Jawa Timur Run (Jamur Run) digelar dengan peserta dari sejumlah kota di Jawa Timur.

Di antaranya Sidoarjo, Surabaya, Malang, Mojokerto, Madiun, dan bahkan ada beberapa peserta dari Semarang serta Salatiga.

Lomba yang dibagi menjadi dua kategori, anak-anak dan dewasa itu berlangsung seru. Sehingga menjadi perhatian warga yang sedang ramai memenuhi alun-alun.

‘’Jumlah total peserta ada 36 orang,’’ terang ketua panitia Jamur Run Rama Sena Putra.

Street Mini4WD adalah gabungan antara olahraga berlari atau jogging dengan hobi balapan mobil yang seringkali disebut dengan nama brand ‘’Tamiya’’.

Runner, akan menggiring mobil Mini4WD dengan menggunakan guide stick yang mirip dengan tongkat hoki.

Peserta putri yang juga bersaing mendapatkan waktu tercepat. (Jawa Pos)

Untuk event Jamur Run tersebut, untuk kategori anak-anak, peserta harus berlari sepanjang sekitar 50-60 meter secara berputar dengan satu rintangan jumping.

Sedangkan untuk dewasa, rutenya lebih jauh, yakni sekira 300 meter dengan obstacle yang lebih sulit seperi zig-zag, kemudian berlari sprint sepanjang 200 meter dan memutari tiang bendera, dan juga jumping.

Lomba berlangsung seru karena masing-masing peserta bersaing meraih waktu terbaik. ‘’Peserta diberi kesempatan berlari dua kali. Nantinya diambil waktu yang terbaik,’’ tambah Rama dalam penjelasannya kepada peserta.

Selain peserta, keriuhan lomba juga berkat sorak-sorai keluarga dan penonton yang memberi semangat.

Bagi sebagian orang tua, Street Mini4WD ini dinilai sebagai kegiatan positif agar anak-anak bisa berolahraga sekaligus bermain.

Salah satu peserta menggiring mobil Mini4WD-nya menuju finis. (Jawa Pos)

Selain itu, bermain secara fisik seperti ini juga turut mengurangi risiko anak-anak ketagihan bermain gadget.

Anak-anak juga dirangsang menjadi kreatif, karena merakit mobil Mini4WD ini akan memancing kreatifitas.

Pada akhirnya untuk kategori anak dimenangkan oleh Mirza, Haikal, dan Bibi. Sedangkan, untuk kategori dewasa juara Aditya (Malang), Rama Sena (Surabaya), dan Tonny Febrianto (Malang).

Street Mini4WD sendiri terinspirasi dari film di era 80-90 an Dash Yonkuro. Dalam film tersebut adalah lima karakter jagoan Dash Warrior yang berkompetisi di ajang balap Mini4WD dengan barbagai macam medan.

 

 

 

 

Editor : Candra Kurnia

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads