alexametrics

Celah Keamanan Longgar, 160 Ribu Akun Pengguna Nintendo Bocor

29 April 2020, 00:15:14 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 160 ribu akun gamer Nintendo dikabarkan bocor. Hal tersebut setelah diketahui adanya celah keamanan di Nintendo Network ID (NNID) yang membuat hacker atau peretas mungkin masuk dan mengakses akun Nintendo tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Sebelum Nintendo mendirikan layanan online baru untuk Switch, perusahaan mengandalkan apa yang dikenal sebagai NNID. Sayangnya, entah bagaimana peretas berhasil mendapatkan akses ke setidaknya 160.000 akun NNID dan berhasil mencuri ID login, kata sandi, dan informasi pengguna lainnya yang disimpan dalam profil tersebut.

Meski ratusan ribu akun bocor, mereka yang menggunakan kata sandi berbeda untuk NNID dan akun Nintendo tidak terdampak. Namun, jika Anda menggunakan kembali kata sandi, maka ada kemungkinan peretas berpotensi mendapatkan akses ke akun Nintendo utama Anda dan dapat menggunakan informasi pembayaran tersimpan untuk melakukan pembelian dalam game.

Nintendo telah mengonfirmasi masalah ini dan menyatakan bahwa mereka akan menghentikan login NNID. Mereka juga telah menjangkau pelanggan yang mungkin terpengaruh oleh pelanggaran ini, dan juga meminta pengguna untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor untuk mengamankan akun mereka dengan lebih baik.

Jika ada dari Anda belum diberi informasi oleh Nintendo, ada kemungkinan Anda tidak terpengaruh oleh pelanggaran ini. Meski begitu, tetap disarankan untuk memperbarui informasi login Anda dan mengaktifkan otentikasi dua faktor juga.

Akibat dari masalah ini, Nintendo menyarankan agar pengguna membuat kata sandi yang kuat yang sulit ditebak. Selain itu, bagi yang sudah ada juga diminta untuk memperbarui informasi terkait kata sandi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads