alexametrics

”Seni” Merawat Koleksi Variegata Kebun ala Bu Corry

Daun Gosong Tak Melulu gara-gara Matahari
28 Maret 2021, 16:30:01 WIB

Sulit dipelihara dan daun rentan gosong. Tantangan merawat variegata itu berhasil ”ditaklukkan” Corry. Ketelatenan dan kegigihan merawat membuat tanaman-tanaman itu tumbuh rimbun dan segar.

DITANAM di tanah langsung maupun di pot, koleksi variegata Corry tampak segar. Bahkan, beberapa di antaranya tumbuh besar. Misalnya, monstera. Daunnya lebar, lebih besar daripada tangan orang dewasa. Variegata adalah kondisi abnormal pada tanaman, yang membuat daun dan kadang beberapa bagian lainnya, bebercak atau berwarna pucat karena hilangnya klorofil.

Corry menceritakan, merawat variegata tak sulit. ”Memang, kondisi (variegata, Red) bikin tanaman lebih sensitif. Tapi, sebenarnya nggak terlalu beda dengan lainnya,” lanjutnya. Media tanam hingga kebutuhan cahaya matahari dan penyiraman hampir sama. Jika ada salah satu kebutuhan yang tak terpenuhi, tanaman akan mengirim sinyal. Salah satunya, lewat tampilan daun yang gosong.

Perempuan yang kerap menangani proyek desain interior itu menjelaskan, gosong tak melulu karena paparan sinar matahari yang berlebih. Tepian daun yang mengering menandakan kebutuhan tanaman tak seimbang. Corry menceritakan, di hari-hari hujan atau mendung, monstera koleksinya –yang hampir menyentuh plafon teras– sempat mengalami gosong.

”Itu malahan karena nggak dapat matahari. Kelembapan tinggi, tapi paparan cahayanya kurang. Begitu cuaca cerah, pas pagi dapat matahari, tanamannya bagus lagi,” ungkapnya. Lain tanaman, lain cerita. Sente atau keladi variegatanya sempat rewel. Nyaris mati. Corry memindahkan tanaman itu dari pot ke tanah. ”Eh, ternyata sehat. Bahkan, lebih gede,” lanjutnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : fam/c13/nor




Close Ads