alexametrics

Yuk, Bertanam Pare Belut: Bentuk Buah Unik dan Tidak Pahit

27 September 2021, 06:53:40 WIB

Panjangnya bisa sampai 1 meter. Maksimal 180 cm. Sekilas, bentuknya mirip belut. Namanya memang pare belut (Trichosanthes cucumerina). Bedanya, belut yang satu ini tidak licin. Hidupnya menggantung. Bukan di air.

BEGITU Andi Aruji membuka botok pare belut yang dimasak bareng buah hatinya, aroma gurih langsung semerbak. Parenya tampak dipotong kecil-kecil. Serutan kelapa muda berwarna merah yang sedikit terang karena tercampur cabai terlihat menggoda.

Dengar kata pare seperti tidak jauh berbeda dengan cobaan hidup. Sama-sama pahit. Nah, ternyata hal itu tidak berlaku bagi pare belut atau pare welut. Justru, pare welut tak memiliki rasa pahit. Cenderung tidak berasa. Hambar.

Andi mulai menanam tanaman yang masuk keluarga cucurbitaceae dan genus Trichosanthes itu pada 2008 lalu. Dia mengambil bibit setelah berkunjung ke rumah saudaranya di Madiun. Ternyata, setelah dibawa ke Surabaya, jenis tanah di Madiun dengan Surabaya berbeda. Tanah di rumahnya, Karangpilang, lebih tandus.

Akhirnya, dia membuat lubang dengan kedalaman sekitar 40 cm. Lubang tersebut diberikan kompos aerob yang dibuat sebelumnya. ”Saya taruh bibit di dalamnya. Bulan ketiga mulai tumbuh dan berbuah,” kenangnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : sam/c13/ai

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads