alexametrics

“Keliling Museum” Biar Tak Bosan di Rumah Saja karena Korona

25 Maret 2020, 23:32:36 WIB

JawaPos.com – Berdiam diri di rumah demi menghindari penyebaran virus korona (Covid-19) memang membosankan, tapi bagi Anda yang cinta seni, bisa menghabiskan waktu dengan melihat ribuan lukisan, patung, instalasi, hingga karya seni baru dari museum-museum ternama di dunia secara daring (online).

Beberapa museum bahkan menyediakan fasilitas interaktif 360 derajat dan tur berkeliling museum lengkap dengan deskripsi sulih suara, hingga tayangan slide dengan foto yang dapat diperbesar dari karya seni terhebat dunia. Berikut ini adalah daftar sebagian museum yang dapat Anda kunjungi secara daring.

1. Museum Vatikan, Roma

Langit-langit berkubah yang menjulang tinggi, mural yang rumit, dan permadani menjadi ciri khas museum-museum Vatikan adalah situs-situs kreatif yang mengagumkan. Jangan lupa untuk melihat ke bagian atas ketika menjelajahi tujuh ruang di tur virtual 360 derajat museum, termasuk Kapel Sistine.

Berkeliling di seluruh Kota Vatikan dengan tur dari fitur You Visit yang akan membawa Anda keliling Basilika Santo Petrus, lengkap dengan pemandu wisata yang menceritakan setiap ruang interaktif. Untuk itu Anda dapat mengunjungi laman museivaticani.va

2. Guggenheim, Bilbao

Bangunan titanium dan baja yang dipahat oleh Frank Gehry, di tepi Sungai Nervión, adalah salah satu ruang seni paling unik di dunia yang diperlihatkan dalam tur interaktif oleh museum di Spanyol ini.

Tur interaktif membawa pengunjung ke sekitar koleksi lukisan dan patung Amerika dan Eropa pascaperang, seperti koleksi Rothko, Holzer, Koons, Kapoor, bahkan koleksi yang mulai usang seperti Serra’s Matter of Time (belok kiri di pintu masuk). Untuk menikmatinya, Anda bisa mengunjungi laman guggenheim-bilbao.eus

3. Natural History Museum, London
​​​​​​​

Dari burung dodo, botani hingga kupu-kupu, kristal raksasa hingga spesimen dalam toples, semua koleksi di museum ini sungguh menarik untuk mereka yang tertarik dengan perkembangan alam dan isinya. Museum ini juga menyajikan tur interaktif yang dapat Anda nikmati secara daring melalui laman nhm.ac.uk

4. Rijksmuseum, Amsterdam
​​​​​​​

Museum megah ini memiliki banyak koleksi seni dan benda bersejarah yang sangat luas. Proyek renovasi yang berlangsung selama10 tahun selesai pada 2013, mengubah ruang dan menggabungkan unsur-unsur keagungan abad ke-19 dengan pencahayaan modern dan atrium beratap kaca baru.

Tur interaktif membantu pengunjung mendekat ke lukisan megah karya Vermeer, Rembrandt dan pelukis legendaris asal Belanda lainnya sambil menjelajahi aula besar dan sekitarnya. Anda bisa mengunjungi laman rijksmuseum.nl

5. National Museum of Modern and Contemporary Art, Korea Selatan

Ada beberapa situs yang membentuk museum ini. Galeri utama berada di Gwacheon, sementara situs cabang berada di Deoksugung, Seoul dan Cheongju. Fasilitas tur virtual disediakan untuk mengeksplorasi karya seni yang inspiratif dari cetak, desain, patung, fotografi, media baru dan instalasi skala besar lainnya.

Karya seni dari Joseph Beuys hingga Warhol dan Nam June Paik, serta karya seni Korea kontemporer lainnya banyak dipajang di museum ini. Untuk menikmatinya, Anda dapat mengunjungi laman mmca.go.kr

6. Musée d’Orsay, Paris

Menggunakan gedung bekas Gare d’Orsay, sebuah stasiun kereta api dan hotel di Kota Paris, museum ini adalah rumah bagi karya-karya besar seperti Cézanne, Monet, dan seniman legendaris Prancis lainnya.

Di bawah atap kaca lengkung sepanjang 138m, duduk koleksi terbesar impresionis dan pasca-Impresionis di dunia. Tur virtual juga mencakup pameran daring yang memetakan sejarah bangunan yang bisa Anda kunjungi di laman m.musee-orsay.fr

7. British Museum, London
​​​​​​​

Ada 3.212 panel kaca yang berbeda di langit-langit berkubah di museum ini. Selain itu ada tampilan 360 derajat dalam tur virtual ini memungkinkan pengunjung untuk memeriksa masing-masing panel tersebut.

Di luar ruang yang luar biasa ini, pengunjung dapat menemukan Batu Rosetta, mumi Mesir, dan keajaiban kuno lainnya. Platform infografis interaktif museum yaitu History Connected dapat memberikan Anda lebih banyak informasi dari berbagai ojek di museum. Anda dapat mengunjungi laman britishmuseum.org untuk menikmati layanan tur virtual.

8. MASP, São Paulo, Brasil

Museu de Arte de São Paulo merupakan salah satu museum dengan koleksi sejarah terbanyak yang tersedia untuk dilihat melalui platform galeri virtualnya, mulai dari abad ke-14 hingga ke-20. Struktur kaca dan balok merah yang dibangun pada tahun 1968, juga layak dilihat dari luar, melalui Google Street View atau laman museum masp.org.br.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara



Close Ads