alexametrics

Xbox Terbaru Disebut Janjikan Kualitas Audio Lebih Mumpuni

25 Februari 2020, 19:03:34 WIB

JawaPos.com – Salah satu aspek yang membuat bermain video game menjadi semakin asyik dan menyenangkan untuk dimainkan selain jalan cerita yang bagus, grafik mengesankan selanjutnya adalah aspek efek suara yang ada. Untuk mendukung keluaran suara yang andal tentunya dibutuhkan hardware suara yang andal pula.

Sistem suara mumpuni tentunya akan menghasilkan suara yang realistis dan soundtrack yang ada tidak diragukan lagi akan membantu membuat pemain merasa seperti mereka benar-benar ada di sana. Singkat kata, efek suara mampu membuat suatu permainan semakin nyata.

Bicara soal sistem audio mumpuni di perangkat konsol game, kabar terbaru menyebutkan kalau perangkat gaming milik Microsoft, Xbox terbaru akan mendukung hal tersebut. Sistem suara di Xbox anyar yang akan diungkap pada musim liburan tahun 2020 dikatakan akan lebih andal dari sistem suara Xbox sebelumnya atau Xbox yang ada saat ini.

Microsoft melalui perangkat Xbox terbaru terlihat tidak hanya akan meningkatkan kinerja konsolnya saja, tetapi juga meningkatkan kualitas audionya. Ini sesuai dengan deskripsi yang beredar untuk acara panel Game Developer Conference (GDC) 2020 yang akan dihadiri Microsoft.

“Belajar dari desainer audio Borderlands 3 dan Gears of War 5 tentang bagaimana kolaborasi antara Microsoft, Dolby, dan mitra middleware kami memulai revolusi dengan suara spasial yang mengubah setiap pasangan headphone menjadi gerbang multi-dimensi ke dunia lain. Para peserta akan terjun jauh ke dalam pipa desain audio (Project Acoustics) dan hubungannya dengan akselerasi perangkat keras khusus pada konsol Xbox generasi baru,” demikian bunyi deskripsi tersebut.

Menafsirkan deskripsi tersebut, tampaknya Xbox terbaru akan menggunakan alat untuk mengakselerasikan sistem suara pada konsol anyarnya itu. Dikutip dari GamesRadar, Selasa (25/2), agar jelas, Xbox One saat ini tidak memiliki fitur ‘akselerasi perangkat keras khusus’ untuk audio.

Ini dan sebagian besar konsol lainnya memproses suara pada CPU mereka, hanya termasuk kartu khusus untuk akselerasi grafis. Sementara kartu suara diskrit masih digunakan di beberapa PC gaming terbaik.

Jika Xbox Series terbaru memiliki fitur akselerasi perangkat keras hanya untuk audio, diharapkan Microsoft akan memberikan penekanan pada kualitas suara untuk generasi berikutnya.

Namun Xbox tak sendirian untuk urusan suara. Arsitek PlayStation (PS) 5 dari Sony, Mark Cerny mengatakan pada bulan April bahwa chipset sistem akan mencakup unit khusus untuk mendukung audio 3D, yang akan membuat gamer merasa lebih tenggelam dalam permainan saat suara datang dari berbagai sisi.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads