alexametrics

Koleksi Paper Craft Low Budget karena Dendam Masa Kecil

24 Juli 2019, 20:09:22 WIB

JawaPos.com – Dendam tidak selama negatif. Lihatlah Rudi. Dia berhasil menyalurkan dendam dalam bentuk positif, lewat hobinya membuat mainan kreatif berbahan kertas. Tak sekadar hobi tapi juga mendatangkan pundi.

Deretan koleksi mainan tertata rapi. Ada karakter robot Gundam RX-78 yang berukuran 165 sentimeter, juga beberapa superhero yakni Iron Man, Thor, Ant-Man, Captain America, Topeng Deadpool, robot Mazinger, Voltus, hingga Dambo.

Berbagai karakter dalam bentuk mainan tersebut hasil karya Rudi yang dipajang di Kebun Raya Balikpapan (KRB), beberapa waktu lalu. Rupanya koleksi mainan sengaja dipamerkan khusus untuk wartawan Kaltim Post (Jawa Pos Group)
yang menemuinya.

Rudi tercatat sebagai karyawan di kawasan wisata alam tersebut. “Saya kerja sebagai penerima tamu di Kebun Raya Balikpapan. Jadi sesekali saat jam istirahat saya buat satu karya untuk mengisi waktu,” ujar pria kelahiran 1993 ini.

Rudi mengatakan, ia sudah menekuni hobi ini sejak 2011, saat masih berseragam putih abu-abu. Ia mengakui hobi ini seperti pembalasan pada masa kecilnya. Karena tidak memiliki mainan akibat keterbatasan dana, dan tidak diperbolehkan orang tuanya untuk membeli mainan yang harganya bisa dikatakan mahal pada masa itu.

Tak seperti kebanyakan orang yang mempunyai hobi sama untuk membuat paper craft dengan dana yang lebih besar, Rudi berpikir untuk membuat karyanya ini dengan menekan biaya produksi. Menjadi lebih murah.

“Jadi sebelum membuat harus survei bahan yang dibutuhkan dengan harga lebih murah. Seperti harga cetak kertas, harga lem dan bahan-bahan lainnya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah paper craft,” tutur anak bungsu dari empat bersaudara.

Rudi mengisahkan, untuk membuat mainan paper craft tak semudah yang terlihat. Kerumitan bergantung pola. Semakin kecil ukuran karakter yang diproduksi maka tingkat kesulitan semakin tinggi. Karena diperlukan ketelitian untuk membuatnya.

“Kadang agak kewalahan juga kalau membuat karakter yang berukuran kecil. Karena banyak bagian yang rumit, mulai kepala hingga kaki untuk melipat,” lanjutnya sambil memperlihatkan salah satu karya karakter Hudoq yang berukuran kecil.

Meski tergolong rumit, pembuatan tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun, kembali lagi ke pemilihan ukuran karakter paper craft. Untuk ukuran yang lebih besar akan lebih menghabiskan waktu. Seperti pembuatan Gundam RX-78. Karakter berukuran 165 sentimeter ini membutuhkan waktu sekitar lima minggu. Biaya yang dibutuhkan juga mencapai Rp 800 ribu.

Sampai saat ini, Rudi berhasil membuat mainan paper craft sebanyak 50 buah. Namun, karena keterbatasan waktu, beberapa karakter yang telah dibuat sudah mulai rusak. Tinggal 15 buah yang masih bertahan dengan baik.

Rudi mengaku sudah beberapa karyanya yang terjual. Salah satunya karakter Optimus Prime berukuran 1 meter. Awalnya ia tidak ingin menjual karyanya tersebut. Namun karena pembelinya langsung datang ke rumah akhirnya ia melepas karyanya tersebut.

“Optimus Prime waktu itu saya lepas dengan harga Rp 300 ribu, sebenarnya harganya nggak segitu. Tapi karena yang membeli langsung datang ke rumah jadi mau nggak mau saya lepas,” ujarnya diikuti tawa kecil.

Untuk saat ini, Gundam RX-78 menjadi salah satu karya favoritnya. Ukurannya yang besar dengan detail yang bagus membuatnya jatuh cinta dengan mainan tersebut.

Ke depan, Rudi berpikir akan membuat mainan paper craft yang lebih besar lagi dari Gundam yang saat ini menjadi mainan favoritnya.

“Next project kemungkinan saya akan membuat Gundam Unicorn, ukurannya sekitar 2 meter. Jadi lebih besar dari Gundam RX-78,” pungkasnya.

Editor : Fadhil Al Birra



Close Ads