alexametrics

Dari Hewan, Tjoa Denny Ping Hoo Beralih ke Mainan

Ke Mana pun Tak Lupa Kamera dan Figur Mini
23 Maret 2020, 19:48:48 WIB

JawaPos.com – Menggeluti fotografi mainan membawa kesenangan tersendiri bagi Tjoa Denny Ping Hoo. Sejak tiga tahun terakhir, dia mulai berfokus pada fotografi dengan menggunakan figur-figur mini. Sebelumnya, Denny mengaku lebih berfokus ke fotografi makro yang memotret hewan-hewan kecil.

”Motret semut, serangga, uget-uget gitu,” terangnya saat ditemui di Shao Gallery kemarin (22/3). Kurang lebih delapan tahun Denny menggeluti fotografi makro hewan-hewan kecil itu. Namun, semakin ke sini dia mengaku semakin sulit menemukan hewan-hewan kecil yang unik. Terlebih banyak lahan di Surabaya yang sudah berubah menjadi pertokoan dan perumahan.

”Terus pas itu lihat temen-temen motret mainan. Kok kelihatan menarik. Dari situ akhirnya coba-coba,” ceritanya. Awalnya, tentu pria asli Surabaya tersebut belum tahu keunikan memotret mainan. Semua mainan yang ditemuinya dia foto. Mulai action figure sampai mainan kecil yang lucu-lucu dia abadikan. Sampai akhirnya Denny menemukan figur dengan skala 1:87.

Meski skalanya kecil, hampir semua profesi dia punya dalam bentuk figur itu. Dalam mengolah figur yang sangat mini tersebut, pria yang punya nama beken Denny D’colo itu mengaku menemukan banyak tantangan untuk berkreasi. ”Lewat mainan kecil ini, saya membuat konsep foto yang juga mengusung cerita dan pesan. Biasanya, saya bikin suatu diorama. Satu diorama juga bisa menghasilkan banyak cerita. Tergantung angle yang diambil,” jelasnya. Inspirasinya bisa apa saja dan dari mana saja.

Ayah dua anak itu lantas mencontohkan salah satu karyanya baru-baru ini terkait korona. ”Saya baca berita di mana saja. Internet, media massa, media online. Katanya pencegahan korona bisa dilakukan lewat minum banyak jamu. Dari situ saya langsung beli figur bentuk tukang jamu,” ceritanya.

Lewat figur tersebut, dia lantas menelepon temannya yang punya produk jamu. ”Saya memadukan jamu itu dengan figur mini tukang jamu. Tinggal main pencahayaan dan konsep, jadilah cerita soal jamu dan korona,” terangnya.

Dari eksplorasi-eksplorasi itulah Denny tidak pernah bosan dengan dunia fotografi mainan yang tengah digelutinya. Bahkan, dia mengaku tidak pernah lupa membawa kamera poket dan kotak figur skala 1:87 ke mana pun dirinya pergi. Sebab, sewaktu-waktu bisa saja dia memotret saat ada ide yang melintas.

”Tapi, memang biasanya saya mengonsep dulu. Kamera poket dan figur mininya enggak pernah ketinggalan juga,” jelasnya. Hampir setiap hari pria pendiri komunitas foto Unimaxx itu membuat karya baru.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ama/c6/tia



Close Ads