alexametrics
Tiga Jenis Oscar yang Paling Populer

Dari 1.000 Telur, Hanya 150-an Yang Bisa Jadi Paris

23 Januari 2022, 09:26:29 WIB

Oscar atau Astronotus ocellatus sejak lama jadi ikan predator air tawar yang banyak diminati. Selain karena perawatannya yang relatif gampang, oscar punya corak beragam yang tak membosankan. Di antara belasan jenis, albino, paris tembaga, dan tiger batik paling populer di kalangan kolektor.

—————————————————————————————————————————————–

 KETIGANYA punya corak khas masing-masing. Paris albino misalnya. Sesuai dengan namanya, albino memiliki warna dasar tubuh putih kemerahan. Seiring bertambah usia, marking berwarna oranye kemerahan semakin kentara.

”Dengan pakan yang tepat seperti udang, marking pada oscar bisa lebih keluar,” ujar Suaip, salah seorang breeder oscar di area Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Salah satu persilangan indukan oscar albino dan jenis lain bisa menghasilkan paris albino dan paris tembaga.

Persentasenya memang tak banyak. Menurut Suaip, dari 1.000 telur oscar, hanya 150-an yang berkembang menjadi jenis paris.

Apa istimewanya oscar paris? Mereka tak memiliki marking seperti albino. Melainkan, gradasi warna yang lebih rapat dan solid.

Sementara itu, paris tembaga bercorak cenderung mengilap selayaknya tembaga.

”Lebih ke selera sih, ada yang lebih suka karakter paris yang solid, ada juga yang lebih suka karakter marking pada albino. Tidak jarang orang mengoleksi lebih dari satu jenis oscar,” tambah pria berusia 45 tahun tersebut.

Oscar Albino. (MAM HUSEIN/Jawa Pos)

Berbeda dari dua karakter ikan di atas yang menonjolkan warna cerah, jenis oscar tiger batik tampil sebaliknya.

Cocok dengan DNA-nya sebagai ikan predator, oscar jenis itu tampil garang dengan warna dasar hitam pekat. Marking berbentuk cincin atau bulatan tersembur pada bagian sirip hingga ekor.

Sekilas memang terkesan seperti motif batik.

Tiger batik disebut Suaip tak kalah ramai peminat. Terutama bagi penghobi yang menyukai ikan dengan tampilan sangar.

Oscar Tiger Batik. (IMAM HUSEIN/Jawa Pos)

Meski tergolong ikan predator, oscar tidak seagresif predator kebanyakan. Gerakannya memang lincah, tapi ikan tipe perenang tengah itu tak memiliki kecenderungan menyerang ikan-ikan lain.

”Asal jangan dibiarkan lapar. Kalau telat memberi makan, tetap muncul sisi agresifnya dengan menyerang ikan-ikan yang lebih kecil,” urai Suaip.

Oscar, kata Suaip, bisa disandingkan dengan tankmate seperti arwana dan peacock bass.

Ikan itu dapat tumbuh hingga ukuran 30 sentimeter sehingga dibutuhkan ukuran akuarium menengah hingga besar agar tak menghambat pergerakannya.

Untuk kualitas air, oscar cukup toleran dengan berbagai kondisi. Ia dapat bertahan pada suhu antara 25–26 derajat Celsius untuk hidup optimal.

”Untuk pakan juga mudah, bisa pakai pelet, udang, atau sesekali saya juga biasa beri daging ayam rebus,” ujar Suaip.

Harga tiga varian oscar itu relatif terjangkau untuk ukuran ikan predator. Dengan ukuran tiga jari atau sekitar 13 sentimeter, harga dipatok mulai Rp 100 ribu–150 ribu.

Jenis albino bisa jadi lebih mahal jika ia memiliki marking yang unik.

”Variatif karena marking dan corak ini bisa jadi sangat subjektif. Jika orang sudah suka dengan marking-nya, biasanya bersedia membayar lebih,” ucap Suaip.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : agf/c6/cak

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads