alexametrics

Sambut Konsol PS 5 dan Xbox, Pengembang Game Lokal Bersiap Diri

23 Januari 2020, 14:13:11 WIB

JawaPos.com – Dunia games akan sangat seru pada 2020 ini. Pasalnya, tahun ini dua raksasa konsol game, Sony dan Microsoft, menjadwalkan rilis perangkat gaming terbaru.

Perangkat yang dimaksud yakni PlayStation (PS) 5 yang akan dibesut Sony pada musim liburan 2020 mendatang. Tak ingin kalah, kompetitor mereka, Microsoft dengan konsol Xbox juga akan debut pada momen yang hampir bersamaan. Yakni, musim liburan 2020 mendatang yang ditafsirkan sebagai libur Natal 2020.

Menyambut konsol game baru yang akan datang atau next gen console, sejumlah pihak dalam hal ini para pengembang game tentunya bersiap diri. Persiapan dilakukan untuk membesut games baru yang akan dimainkan pada perangkat gaming anyar.

Hal ini juga dilakukan Agate, pengembang game lokal asal Bandung yang tajinya cukup terlihat di kancah internasional. Agate melalui CEO-nya, Arief Widhiyasa memastikan sudah bersiap diri menyambut hadirnya konsol game terbaru dengan mempersiapkan permainan baru juga.

CEO Agate Arief Widhiyasa. (Istimewa)

“Tahun ini akan seru banget sih ya, karena kan ada dua next gen console yang dijadwalkan hadir. Kita juga melakukan persiapan dengan dua game baru untuk next gen console,” ujarnya kepada JawaPos.com di Jakarta baru-baru ini.

Kendati sudah bersiap diri dengan dua game anyar, dirinya enggan merinci konsol mana yang nantinya akan bisa memainkan dua game anyar yang sedang dipersiapkan. Apakah Sony PS 5 terbaru atau Microsoft Xbox baru atau kedua-duanya atau justru konsol lainnya.

“Kita tunggu saja ya nanti. Yang jelas kita akan luncurkan dua game baru untuk next gen console pada 2021,” imbuh Arief.

Seperti juga sudah kami beritakan sebelumnya, Agate memang tengah mempersiapkan dua game baru untuk next gen console. Salah satu game-nya bernama Project Brightlands.

Project Brightlands akan membawa local wisdom atau kearifan lokal tentang budaya Indonesia. Project Brightlands dalam preview sebelumnya membawa lingkungan alam khas kondisi di Asia Tenggara.

Kondisinya tak hanya cerah khas iklim tropis Asia Tenggara, tetapi juga ada latar pegunungan dan candi-candi seperti di Indonesia. Arief sebelumnya menjelaskan bahwa selama ini, game global belum menangkap dan menyajikan kondisi alam Asia Tenggara atau kawasan tropis, misalnya Bali.

Arief mengakui bahwa environment di Project Brightlands terinspirasi dari kondisi alam di Pulau Dewata itu. Kawasan tersebut dinilai akan sempurna bila ditampilkan dalam game.

Arief belum menjelaskan lebih lanjut mengenai gameplay tersebut seperti apa. Game masih terus digarap dan rencananya akan dirilis 2021 mendatang. pihaknya juga akan memasukkan elemen lokal Indonesia lainnya ke dalam game ini.

Selain menyiapkan game untuk platform konsol generasi terbaru, Agate juga menyiapkan game yang lain yang diberi nama Project Atma. Sama seperti Project Brightlands, Project Atma juga akan menyajikan elemen-elemen khas Indonesia.

Game tersebut bercerita tentang Atma atau jiwa manusia. Game yang direncanakan rilis untuk platform mobile itu akan bercerita tentang manusia memerangi kejahatan.

Ini digambarkan melalui tokoh setan khas Indonesia, seperti genderuwo, pocong, mak lampir, buaya putih, dan masih banyak lagi. Arief menyebut gameplay-nya akan mirip dengan Pokemon Go. Jika demikian, kemungkinan game akan berbasis Augmented Reality (AR).

Sembari menunggu kehadiran game anyar Agate untuk next gen console, Arief memberikan isyarat bahwa dalam lima bulan ini, Agate akan rajin merilis game baru. “Kita setiap bulan nantinya juga akan merilis game baru. Tunggu saja ya,” tandasnya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads