alexametrics

Zebra Finch, Burung Cantik yang Mudah Diternak

22 Februari 2021, 09:48:40 WIB

Perpaduan warna di bulunya tampak cantik. Ukurannya juga imut. Tingkahnya menggemaskan. Apalagi, ketika mendengar ocehannya yang khas itu. Sebagaimana suara bebek dengan akhiran mirip gesekan piringan hitam yang diputar disjoki di klub malam.

ENAM burung kecil itu nangkring di atas kayu balok. Saling berdempetan. Celingak-celinguk kanan dan kiri. Sambil berkicau ringan. Wek, wek, wek, wek, bib, bib. Sesekali di antara mereka terbang keliling mengitari kandang, lalu balik lagi ke gerombolan.

Tingkah mereka juga kompak. Kalau satu mulai berkicau, yang lain ikut. Kalau yang lain menuju cepuk tempat makan, yang lain ikut nimbrung. Dengan paruh tebal dan pendek itu, mereka mematuk biji milet dan jewawut, lalu memuntahkan kulitnya. Sebagaimana teman satu tongkrongan, keenam burung zebra finch itu tampak akrab. ”Ini semua saudara dari indukan yang sama lho,” ucap Tri Tofan Hari Laksono di rumahnya di kawasan Asem Mulya, Asemrowo, Rabu pagi (17/2).

Ya, enam zebra finch itu memang terlahir satu sarang. Sekitar dua bulan lalu, mereka menetas.

Meski baru berusia dua bulan, kini enam remaja itu sudah punya adik lagi. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, enam sekaligus. Usianya baru seminggu. Masih berada di dalam sarang. Dierami sang induk.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c12/git




Close Ads