alexametrics

American Flagtail alias Ikan Bendera, Sapu-Sapu Versi Ayu

22 Februari 2021, 08:48:55 WIB

Berbicara tentang ikan yang mampu membersihkan akuarium atau tank, dengan mudah orang akan merujuk pada sapu-sapu. Tetapi, si tukang bersih-bersih itu bukan cuma dia. Ada american flagtail atau ikan bendera yang punya kemampuan serupa. Istimewanya lagi, paras ikan itu lebih ayu daripada sapu-sapu.

DALAM tank berukuran besar, ikan bendera bisa bergerak dengan sangat lincah. Ketika melesat ke sana-ke mari, lalu bermanuver ke dasar akuarium, ikan bernama populer red feifeng (RFF) itu sesekali menyantap lumut-lumut yang menempel.

Reginaldo Edrico, penghobi ikan predator asal Darmo Permai, mengatakan bahwa keberadaan RFF di akuarium miliknya adalah sebuah keharusan. Asalkan ukurannya tidak jauh lebih kecil, ikan bernama Latin Flagtail prochilodus itu bisa menjadi teman ideal bagi predator lainnya. ”Cocoklah buat teman arwana, peacock bass, oscar, dan lainnya. Kalau nggak ada ini (RFF), seperti ada yang kurang,” ujarnya.

Hubungan ikan bendera dengan predator-predator lainnya di dalam tank seperti simbiosis mutualisme. Sebab, RFF bisa berperan membersihkan sisa-sisa makanan yang tak dihabiskan predator lainnya.

Yang lebih penting dari itu adalah kebersihan akuarium bisa lebih terjaga karena pada dasarnya, RFF adalah pemakan alga dan lumut. Berbeda dengan sapu-sapu yang tampangnya sangar, ikan bendera itu berpenampilan ayu. Tubuh dan ekornya dihiasi corak-corak indah sehingga sedap dipandang. Bahkan, julukan red feifang itu didapat dari warna merah pada sirip di bawah perut dan ekor.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/cak




Close Ads