alexametrics

Meski Pandemi, IGC Catatkan Kenaikan 51 Persen Peserta Kompetisi Game

21 Juli 2020, 11:50:58 WIB

JawaPos.com – Gelaran kompetisi Indonesia Games Championship (IGC) 2020 yang diadakan Dunia Games telah diikuti 31.442 penggiat mobile game. Dengan angka tersebut, kenaikan peserta atau penggiat kompetisi game di Indonesia dikatakan telah tumbuh cukup signifikan.

Adapun hal ini bisa terjadi lantaran ekosistem game dan E-Sports di Indonesia terus tumbuh. Ini pada akhirnya dikatakan membuka kesempatan bagi penggiat mobile game dalam mengakselerasikan kemampuan dan mempererat hubungan komunitas hingga pelosok negeri.

Upaya tersebut semakin melengkapi konsistensi Dunia Games dalam menjalankan empat pilar utama layanannya. Yakni meliputi portal media komunitas, penerbit game, penyelenggara kompetisi, dan layanan pembayaran.

Termasuk rangkaian penegasan komitmen Telkomsel yang berdiri di belakang Dunia Games dan IGC dalam menjalankan roadmap menjadi penyedia layanan digital terdepan di Indonesia. General Manager Games and Publishing Telkomsel Auliya Ilman Fadli mengatakan, Telkomsel akan terus memaksimalkan perannya sebagai society enabler dengan memaksimalkan aset digital. Sehingga bisa terus menghubungkan komunitas dalam ekosistem E-Sports di Indonesia melalui Dunia Games.

Beradaptasi dengan kenormalan baru di masa pandemi ini, Dunia Games juga dikatakan akan berkolaborasi dengan Garena dalam merancang agar kompetisi IGC 2020 tetap dapat diselenggarakan secara online.

“Hal ini dimaksudkan agar Dunia Games tetap dapat mengakselerasikan perkembangan ekosistem esport secara utuh, sekaligus mendorong para penggiat di dalamnya agar termotivasi untuk terus bergerak maju dalam berkarya dan berkontribusi positif terhadap kemajuan ekosistem esport di Indonesia dalam segala situasi dan kondisi,” ungkapnya melalui keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Dalam kesempatan yang sama, Business Development E-Sports Manager Garena Indonesia Wijaya Nugroho mengatakan, dari tahun ke tahun pertumbuhan gaming dan E-Sports di Indonesia sangat luar biasa. Antusias dari ekosistem gaming dan E-Sports di Indonesia tak terbendung, Maka dari itu, ekosistem gaming dan Esports perlu berkolaborasi untuk menjaga pertumbuhan ekosistem E-Sports di Indonesia.

“Garena telah menjalani sejumlah kerja sama strategis bersama Telkomsel dan Dunia Games, salah satunya dengan menggelar kompetisi Indonesia Games Championship 2020 dan Dunia Games Golden Ticket FFIM 2019. Kami akan sangat senang untuk dapat memperluas lingkup kolaborasi kami dengan Telkomsel dan Dunia Games di kemudian hari demi bersama-sama memajukan ekosistem esport di Indonesia,” ucapnya.

Sejak bergulir pada Mei 2020 lalu, penyelenggaraan IGC 2020 menjadi sangat istimewa. Sebab walaupun terselenggara di tengah situasi darurat pandemi, kompetisi ini justru mampu menjaring lebih banyak peserta dibandingkan dengan penyelenggaraan pada dua edisi sebelumnya. Jumlah peserta IGC 2020 tercatat meningkat sebesar 51 persen dibandingkan dengan IGC 2019.

Hingga saat ini, secara keseluruhan sekitar 31.442 peserta yang terbagi menjadi 7.234 tim telah berpartisipasi dalam gelaran IGC 2020. Lebih dari 1.200 diantaranya adalah peserta perempuan yang terbagi dalam 300 tim.

Di samping itu, keikutsertaan peserta dalam IGC 2020 juga semakin meluas, dimana keseluruhan peserta berasal dari 457 Kabupaten atau Kota di Indonesia. Sebaran peserta IGC 2020 cukup merata di wilayah Kalimantan, Papua dan Maluku, serta Bali dan Nusa Tenggara yang masing-masing diwakili oleh lebih dari 350 tim atau sekitar 1.500 peserta.

Sedangkan wilayah Sulawesi dan Sumatera masing-masing diwakili oleh sekitar 450 tim atau 1.900 peserta, dan 1.000 tim atau 4.300 peserta. Pulau Jawa tetap menjadi wilayah yang menyumbang jumlah peserta terbesar, yaitu sebanyak 2.191 tim atau 9.225 peserta.

“Tumbuhnya jumlah peserta, keikutsertaan peserta perempuan, serta meluasnya sebaran perwakilan peserta IGC 2020 dari berbagai wilayah di Indonesia ini semakin menambah optimisme Telkomsel dalam melanjutkan komitmen membangun ekosistem digital yang inklusif di Indonesia,” lanjut Auliya.

Sementara untuk Dunia Games, sejak berdiri pada 2013, Dunia Games cukup konsisten mengembangkan ekosistem esport di Indonesia secara menyeluruh dan berkelanjutan. Sebagai portal game terbesar di Indonesia, Dunia Games mengklaim telah memiliki lebih dari 10 juta pengunjung bulanan dan menyediakan direct carrier billing untuk menghadirkan kemudahan pembelian aplikasi dan konten game digital menggunakan pulsa.

Selain itu, Dunia Games juga sudah merilis empat judul game, yaitu ShellFire, Lord of Estera, Rise of Nowlin, serta Kolak Express 3, dan telah menggelar lebih dari 1.000 event offline di seluruh Indonesia.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads