alexametrics

Meluncur Bersamaan, Ini Perbandingan Xbox Series X dan PlayStation 5

19 Desember 2019, 16:26:26 WIB

JawaPos.com – Sony memastikan PlayStation (PS) 5 meluncur pada musim liburan 2020 mendatang. Rumor kuat menyebut bahwa momen liburan Natal dipilih Sony untuk membesut penerus perangkat gaming legendarisnya itu.

Menariknya lagi, menyusul Sony dengan kepastian nama next generation console sebagai PS 5 dan waktu peluncurannya, Microsoft, rival bebuyutan Sony, tak ingin kalah. Baru-baru ini Microsoft yang memiliki perangkat gaming yang tak kalah populer juga dipastikan akan meluncurkan Xbox Series X terbaru sebagai penerus Xbox One X. Momen musim liburan 2020 juga dipilih Microsoft untuk membesut Xbox Series X.

Meski masih banyak yang belum pasti, utamanya dari segi spesifikasi, membandingkan kedua konsol game itu menjadi menarik. Mengacu pada sejumlah prediksi dan sedikit data yang telah diungkapkan kedua produsen, berikut perbandingan antara Sony PS 5 dengan Microsoft Xbox Series X yang dirangkum JawaPos.com dari berbagai sumber.

Wujud konsol game generasi berikutnya dari Microsoft, Xbox Series X. (TheVerge)

Spesifikasi

PlayStation generasi terbaru dari Sony dan Xbox teranyar dari Microsoft sangat mirip. Terutama dibandingkan dengan generasi konsol sebelumnya.

Keduanya memiliki chip atau prosesor sama yang mendukung perangkat jauh lebih kuat dari model sebelumnya. Jumlah memorinya pun sama, juga tingkat penyimpanan sama. Kedua perangkat memiliki drive disk (masih) dan diharapkan untuk melenggang saat musim liburan 2020.

Microsoft dan Sony menggunakan prosesor Navi AMD untuk membuat konsol mereka lebih cepat dari sebelumnya. Tak lupa, hard drive solid state untuk mengurangi waktu pemuatan atau loading game disertakan pada kedua konsol game anyar itu.

Keduanya menggunakan RAM GDDR6 untuk memori. Sony telah sedikit lebih detail daripada Microsoft dalam satu hal, yakni PlayStation 5 tampaknya akan menampilkan CPU berbasis Ryzen dari AMD.

Baik Microsoft dan Sony menggembar-gemborkan kemampuan untuk menghasilkan resolusi 8K visual dan dukungan untuk ‘ray tracing’ (sistem pencahayaan yang ditingkatkan untuk visual game) dengan semua spesifikasi yang tinggi. Sementara untuk konsol Xbox generasi berikutnya menggunakan teknologi yang sangat mirip dengan apa yang digunakan Sony dengan PlayStation 5 (dan sebaliknya).

Render konsep Sony PlayStation 5. (LetsGoDigital)

Fitur

Baik Sony dan Microsoft secara langsung mengutip waktu pemuatan yang lebih cepat sebagai fitur inti dari konsol generasi berikutnya. Sony bahkan menunjukkan fitur dalam video yang sempat dibagikannya.

Seperti sudah disinggung di atas, kedua perusahaan juga menggembar-gemborkan fitur pencahayaan baru, yang disebut ray tracing. Fitur ini menjanjikan dalam membuat pencahayaan game lebih detail dari sebelumnya.

Dan akhirnya, kedua perusahaan mengatakan konsol generasi berikutnya mereka akan menghasilkan visual 8K. Janji yang cukup berarti pada saat ini. Meski sebagian besar konsumen tidak memiliki TV yang mendukung visual 8K, namun hal itu dimaksudkan untuk persiapan menyambut masa depan konsol.

Games

Games atau permainan yang dapat ditangani konsol game anyar itu adalah Halo Infinite. Game berikutnya dalam seri first person shooter (FPS) yang sudah berjalan lama itu dijadwalkan akan meluncur bersama Xbox terbaru.

Selain itu, Microsoft mengungkapkan bahwa game Sensua’s Saga: Hellblade 2 sebagai game baru untuk konsol Xbox Series X yang akan datang. Kemudian berbagai game dari waralaba Microsoft pihak pertama seperti Gears of War dan Forza juga diharapkan akan tampil perdana pada konsol game ini.

Setidaknya dua game besar lainnya telah diumumkan untuk konsol next-gen, yakni The Elder Scrolls VI dan Starfield. Kedua game sedang diproduksi di Bethesda Game Studios bersama orang-orang di belakang seri Elder Scrolls dan Fallout. Keduanya kemungkinan akan datang ke Xbox dan PlayStationterbaru (mungkin PC demikian juga).

Sebagai informasi, Bethesda membuat game multiplatform blockbuster dan itu tidak mungkin berubah dengan Starfield dan The Elder Scrolls VI. Selain itu, ada beberapa tebakan logis untuk membuat game lain yang dapat dimainkan pada kedua konsol tersebut, yakni Call of Duty tahunan yang tiba pada 2020 hampir pasti akan datang ke Xbox dan PlayStation berikutnya. Hal yang sama juga dapat dikatakan untuk FIFA, Madden, dan Assassin’s Creed.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads