alexametrics

Sony Ungkap Misteri Terkait PlayStation 5

19 Maret 2020, 20:05:13 WIB

JawaPos.com – PlayStation 5 atau PS 5 dari Sony telah cukup lama disebut-sebut. Namun sampai saat ini, beberapa informasi terkait konsol game anyar itu masih sangat sedikit dan terbatas.

Hal tersebut setidaknya terjadi sampai Sony menggelar acara online belum lama ini terkait dengan konsol PS 5. Dikutip JawaPos.com dari TechCrunch, Kamis (19/3), Sony akhirnya menyibak misteri terkait PS 5.

Sebelumnya Sony berencana menggelar acara untuk mengungkap PS 5 dalam beberapa minggu ke depan di acara Game Developer Conference (GDC) di San Fransisco, Amerika Serikat (AS). Namun, wabah COVID-19 membuat acara harus dibatalkan. Sony memutuskan hanya menggelar acara online untuk konsol game barunya tersebut.

Melalui acara tersebut, pimpinan arsitek yang menukangi konsol Sony PS 5, Mark Cerny menyebut beberapa spesifikasi inti. Cerny membahas tentang PS 5 akan mengunggulkan sistem penyimpanan SSD dengan kecepatan 5 GB per detik.

Spesifikasi tersebut dikatakan yang paling banyak diminta dari para pengembang. Sistem ini dikatakan berpotensi 100 kali lebih cepat dari yang ada pada PS 4 sebelumnya.

Perusahaan juga menyebut sejumlah detail teknis untuk sistem yang akan datang seperti mengatakan kalau PS 5 kecepatannya akan lebih cepat dibandingkan dengan Xbox Series X. Seiring dengan SDD ultra berkecepatan tinggi, sistem akan memakai GPU AMD khusus dengan ray tracing.

Sony akan membawa fitur audio 3D untuk tawaran hiburan rumah multimedia yang lebih baik. Seperti halnya dengan Xbox, akan ada kompatibilitas ke belakang khususnya dengan PS 4. Dengan kata lain, PS 5 masih bisa memainkan koleksi game-game yang ada di PS 4.

Di sisi CPU menggendong AMD Zen 2, dengan delapan core pada 3.5 GHz yang akan menukangi perangkat tersebut. Sedangkan GPU didasarkan pada arsitektur RDNA 2 AMD. Itu menawarkan 10,28 teraflops daya komputasi dengan cara 36 CU.

Di sektor penyimpanan, ada 16 GB memori on board, ditambah dengan 825 GB penyimpanan solid state. Juga tersedia fitur peningkatan baru yang dirancang untuk mengatur konsumsi daya dan panas pada sistem dengan lebih baik.

Cerny menyatakan sistem akan memonitor kegiatan yang dilakukan GPU dan CPU dan mengatur frekuensi. Kekhususan sistem pendingin adalah salah satu dari beberapa fitur yang disematkan. Audio 3D tercakup dalam segmen ‘Finding New Dreams’. Cerny menunjukkan bahwa audio seringkali agak ketinggalan zaman pada sistem yang berfokus pada grafis terlebih dahulu.

Sony menawarkan suara surround virtual yang jauh lebih baik, bahkan pada sistem stereo rumah dan headphone yang kurang canggih sekalipun. Seperti halnya dengan Xbox baru, sistem ini akan keluar pada akhir tahun.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads