alexametrics

Microsoft Pelan-pelan Ungkap Detail Spesifikasi Xbox Terbaru

18 Maret 2020, 16:19:49 WIB

JawaPos.com – Microsoft dengan Xbox terbarunya digadang-gadang akan menjadi konsol game paling kuat di pasaran. Mendukung hal tersebut, beberapa spesifikasi mumpuni khusus untuk gaming tentunya akan disematkan.

Soal Xbox terbaru dan spesifikasinya, Microsoft memang belum banyak bicara detail soal jeroan perangkat barunya itu. Dijadwalkan akan diluncurkan pada musim liburan 2020 mendatang, kini pelan-pelan Microsoft mulai mengungkap detail spesifikasi soal Xbox terbaru dalam Xbox Series X.

Dikutip JawaPos.com dari di laman Xbox,pada Rabu (18/3), tim pengembangan bertekad untuk memberikan Xbox paling kuat yang pernah ada. Ini terlihat dari serangkaian diskusi tentang cara mendefinisikan ‘kekuatan’ di generasi konsol berikutnya.

Ilustrasi: Detail spesifikasi Xbox terbaru pelan-pelan diungkap Microsoft. (Xbox)

Dalam generasi yang lalu, kekuatan telah didefinisikan terutama oleh inovasi grafis: dari transisi dari 8 bit ke 16 bit grafis, 2D ke 3D, SD ke HD dan akhirnya ke 4K.

Saat ini, gamer menuntut semakin banyak game berjalan dengan kecepatan 60 frame per detik (fps) dengan kesetiaan visual yang tinggi dan input responsif yang presisi. Untuk itu, pengembang telah menjawab dengan solusi kreatif.

Seperti penskalaan resolusi dinamis, untuk menjaga kualitas gambar yang tinggi sementara tidak mengorbankan frame rate. Tetapi ini sering dilakukan untuk mengatasi keterbatasan dan kendala perangkat keras generasi saat ini.

Itu semua akan berubah dengan Xbox Series X. Ini bukan hanya tentang membuat game terlihat lebih baik. Tapi tentang membuat game bermain lebih baik juga.

“Sementara Xbox Series X akan memberikan peningkatan besar dalam kinerja GPU dan terus mendefinisikan ulang dan memajukan keadaan seni dalam grafis dengan kemampuan baru seperti hardware raytracing yang dipercepat,” kata Jason Ronald, Direktur Manajemen Produk pada Xbox Series X.

Mereka perlu membangun konsol generasi berikutnya yang dapat menjalankan game dalam 4K pada 60 fps tanpa kompromi untuk pengembang. Mereka juga menantang diri mereka sendiri untuk memberikan tingkat kinerja yang sebelumnya dianggap mustahil di konsol, termasuk dukungan hingga 120 fps untuk game yang paling menantang dan kompetitif.

Sementara mereka percaya resolusi dan frame rate adalah keputusan kreatif yang tersisa di tangan pengembang game, tim ingin memastikan sistem mampu mendukung kebutuhan blockbuster terbesar, E-Sports kompetitif, dan kreator independen yang inovatif.

Untuk mendukung kebutuhan itu, tim memperkuat kemitraan jangka panjang mereka dengan pembuat chip AMD, yang mulai bekerja dengan tim Xbox lebih dari 15 tahun yang lalu di Xbox 360. Sebastien Nussbaum, Wakil Presiden Perusahaan dan Senior Fellow, Produk Semi-Custom dan Teknologi di AMD, berbicara sedikit tentang apa yang diciptakan tim untuk membantu menguatkan Xbox Seri X.

Berkat fokus pada desain transformasional dan peningkatan kinerja generasi, Nussbaum mengatakan bahwa, untuk pengembang, konsol akhirnya menjadi taman bermain untuk inovasi teknis. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh daya mentah prosesor yang dirancang khusus, ditenagai oleh CPU 8 inti AMD Zen 2 dan GPU kelas 2 RDNA.

Arsitektur generasi berikutnya ini menghadirkan tingkat kinerja baru yang memungkinkan pengembang menciptakan pengalaman realistis dan mendalam seperti yang belum pernah kami lihat sebelumnya, sementara juga memungkinkan tim di AMD untuk menanamkan ekosistem DirectX generasi berikutnya yang akan terus mendorong industri ke depan.

Spesifikasi lainnya, CPU didasarkan pada proses 7 nm. Seperti sudah disinggung di atas, ini adalah unit AMD Zen 2 khusus dengan delapan core yang dapat berjalan hingga 3,8 GHz. GPU adalah AMD RDNA 2 khusus dengan kekuatan pemrosesan 12 teraflops dan 52 unit komputasi, masing-masing berjalan pada kecepatan 1,825 GHz.

Selanjutnya akan ada 16 GB memori, dibagi antara GPU (10 GB), OS (2.5 GB) dan sistem (3.5 GB). Ada juga 1 TB NVME SSD dan opsi untuk memperluas penyimpanan melalui kartu ekspansi 1 TB melalui port USB 3.2 di bagian belakang Xbox Series X.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads