alexametrics

HUT Ke-74 RI, Ada Ikan Unik Berwarna Merah Putih

17 Agustus 2019, 10:35:03 WIB

JawaPos.com – Suasana merah putih tak hanya bergelora di hati rakyat Indonesia menyambut momen perayaan HUT RI ke-74 kali ini. Ternyata nuansa merah putih juga terlihat di dalam akuarium ikan hias.

Pencinta ikan hias pasti sudah mengenal ikan guppy. Ternyata, ada jenis ikan guppy yang berwarna merah putih. Lantaran corak warnanya persis seperti bendera Indonesia, ikan ini lalu diberi nama guppy Indonesian Flag (Bendera Indonesia, Red).

Guppy Indonesian Flag mempunyai corak dan pola yang sangat menarik. Pada bagian atas, warna dari pangkal ekor sampai dengan kepala didominasi oleh warna merah, sementara bagian bawah didominasi oleh warna putih. Guppy Indonesian Flag resmi diperkenalkan ke publik pada hari ini oleh lembaga pengrajin ikan guppy, Swasti Farm setelah melalui proses riset yang panjang.

Research & Development Director Swasti Farm Dicky Chandra pada Sabtu (17/8) mengatakan bahwa ikan guppy dengan corak merah putih sesungguhnya bukan spesies ikan baru. Ikan ini adalah ikan guppy biasa yang tersebar di seluruh dunia.

Dicky mengatakan, untuk mengolah dan mengembangkan guppy agar memiliki warna tersebut perlu waktu yang panjang. Tingkat kesulitan paling tinggi bukan hanya sekadar menempatkan dan memastikan warna merah dan putih yang menyelimuti ikan guppy, tetapi memastikan tingkat presisi struktur corak dan akurasi warnanya. Sebab, warna merah dan putih punya nilai filosofi tinggi buat bangsa Indonesia.

“Bukan hal baru untuk mengembangkan dan mengolah ikan guppy. Indonesian Flag mewakili Indonesia menjadi salah satu potensi ikan guppy populer di dunia,” katanya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads